Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Akhir Tahun, Harga Telur Ayam Hingga Bawang Merah Naik

Kompas.com - 21/12/2018, 15:30 WIB
Yoga Sukmana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengungkapan, terjadi lonjakan harga beberapa pangan jelang akhir tahun.

Hal itu ia sampaikan usai dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Negara terkait kondisi harga pangan jelang akhir tahun dan antisipasi lonjakan harga.

"Untuk pangan ada sedikit kenaikan," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Darmin menuturkan, kenaikan harga pertama dialami telur ayam. Ia tak menyebut angka pasti kenaikan harga telur ayam. Namun, kenaikan itu terjadi berkat andil ketersediaan pakan ternak.

Pemerintah kata Darmin sudah mengimpor jagung khusus untuk pakan ternak. Diharapkan dengan itu ketersediaan pakan bisa lebih baik dan membuat harga telur menurun.

Selain telur ayam, Darmin juga mengatakan ada kenaikan harga beras. Namun kenaikan harga besar tidak besar hanya 0,4-0,5 persen saja.

"Kami tugaskan Bulog operasi pasar lebih banyak. Terutama di Jakarta dan sekitarnya karena yang naik itu disini," kata Darmin.

"Yang naik juga sebenarnya sedikit bawang merah, tetapi bawang merah itu kan karena ini sudah mulai musim hujan dan memang panennya sudah lewat," sambung dia.

Meski ada kenaikan harga jelang akhir tahun ucapnya, namun persoalan itu bukanlah persoalan yang serius karena pemerintah sudah menindaklanjuti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com