Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Gagas Pembentukan Bus Trans Java

Kompas.com - 31/12/2018, 06:40 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber Antara

CIREBON, KOMPAS.com - Untuk mengurangi pemakaian kendaraan pribadi, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menggagas pembentukan bus trans java yang beroperasi di sepanjang jalur Tol Trans Jawa.

"Kita sedang menggagas trans java berupa bus-bus yang lux. Bisa saja kerja sama dengan Jasa Marga dengan satu badan," ujar Budi Karya seperti dikutip dari Antara, Minggu (30/12/2018).

Bus trans java ini sebut dia, bisa mengangkut 40 atau 50 orang per bus. Dengan demikian diharapkan bisa mengurangi ego serta kecenderungan masyarakat untuk menggunakan kendaraan pribadi saat bepergian.

"Saya mengusulkan kepada ibu Desi (pimpinan Jasa Marga), kita mulai merintis kerja sama dengan Damri," ujar Menhub.

Baca juga: Menhub Budi Karya Uji Kelayakan Pesawat Lion Air untuk Mudik

Budi Karya menyebut, dirinya akan menjadi penumpang pertama ketika bus 'trans java' terbentuk dengan rute Jakarta-Surabaya.

Hal tersebut disampaikan Menhub saat dirinya memberikan sambutan di hadapan para Milenial Kementerian Perhubungan dan Jasa Marga, Sabtu (29/12/2018).

Dalam kesempata tersebut Menhub juga meninjau langsung Rest Area Kilometer 207A Tol Palikanci, sekaligus memperkenalkan dan membagikan buku "Peta Kuliner Trans Jawa" kepada pengguna jalan tol yang singgah di Rest Area itu.

Selain meninjau Rest Area, Menhub juga melakukan pemeriksaan kelaikan bus di Terminal Kota Tegal, Jawa Tengah dan sempat beristirahat serta mencicipi kuliner sate Batibul di kota tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com