Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang 2018, Angkasa Pura I Layani 96,5 Juta Penumpang

Kompas.com - 02/01/2019, 18:10 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura 1 (Persero) melaporkan telah melayani 96,5 juta penumpang di 13 bandara yang dikelolanya selama 2018. Angka ini tumbuh 7,6 persen jika dibandingkan dengan tahun 2017 yang tercatat mencapai 89,7 juta penumpang.

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali masih menjadi penyumbang penumpang terbanyak dengan 23,7 juta penumpang, atau tumbuh 12,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sedangkan Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang mencatatkan pertumbuhan penumpang tertinggi di antara bandara-bandara Angkasa Pura I lainnya dengan kenaikan sebesar 16,4 persen, dari 4,42 juta penumpang pada 2017 menjadi 5,12 juta penumpang di tahun 2018.

"Pertumbuhan yang cukup tinggi di Bandara Jenderal Ahmad Yani tak lepas dari mulai dioperasikannya terminal baru bandara ini yang lebih cepat dari target," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/1/2019).

Baca juga: Sepanjang 2018, Bandara AP II Layani 115 Juta Penumpang

Faik menambahkan, di 2019 perseroannya akan mengangkat kultur Indonesia sebagai kekuatan layanan operasional di bandara-bandara Angkasa Pura I.

Hal ini dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan pencapaian prestisius tingkat internasional yang telah diraih sebelumnya oleh Angkasa Pura I terkait customer experience di tahun 2018 lalu.

"Visi ‘Connecting the World Beyond Airports Operator with Indonesian Experience’ didedikasikan untuk mewujudkan bandara-bandara Angkasa Pura I menjadi ‘bandara yang lebih melayani," kata Faik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com