Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polemik "Caption Pesanan", dari "Gimmick" hingga Karakter Diri

Kompas.com - 04/01/2019, 17:22 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada era media sosial seperti saat ini mungkin dapat dimaklumi jika banyak orang berlomba mengunggah foto dan caption mereka semenarik mungkin di Instagram.

Adapun tujuannya untuk mendapatkan komentar dan likes sebanyak-banyaknya. Namun, ada juga beberapa orang yang merasa dirinya tidak bisa membuat caption dengan baik.

Peluang inilah yang membuat penulis buku Titik Lemah (2018), Zarry Hendrik, membuka jasa penulisan caption berbayar untuk media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya.

Tak tanggung-tanggung, ia bisa dibayar seharga Rp 50.000 hingga Rp 400.000 untuk satu caption bikinannya.

Di media sosial, beberapa warganet mengungkapkan bahwa harga jasa penulisan caption ini terlalu mahal. Sontak, Zarry Hendrik menjadi pembicaraan.

Ada warganet yang menanggapinya dengan cibiran dan nyinyiran. Namun, ada juga yang menanggapi bisnis caption itu sebagai peluang yang dimanfaatkan secara kreatif.

Baca juga: Jasa Pembuatan Caption Zarry Hendrik, Bisnis Unik Merangkai Kata

Zarry sendiri bersikap santai menanggapi polemik di media sosial. Bahkan, dia juga mengakui bahwa jasa caption ini juga menjadi gimmick atau cara menarik perhatian terhadap buku yang baru dirilisnya.

"Saya promosi jasa caption di medsos sebenarnya untuk gimmick promosi buku saya, Titik Lemah ini," ujar Zarry saat dihubungi Kompas.com pada Rabu (2/1/2019).

Menurut dia, harga pemesanan caption memang terbilang mahal. Karena itu, ia pun menyarankan warganet yang tak bersedia membayar penulisan caption untuk mencari inspirasi dari buku karyanya yang dirilis pada Desember 2018.

"Daripada beli caption mending beli buku saya, tapi banyak yang minta dibuatkan caption saja. Jadi rezeki tidak saya tolak," ujar dia.

Tak mudah

Ilustrasi Twitterist Ilustrasi Twitter
Dengan tarif yang terbilang mahal, tentu saja bukan hal mudah bagi Zarry untuk memuaskan kliennya. Dia tetap merasa kesulitan mencerna pesanan yang datang, kemudian mencarikan caption yang sesuai.

"Ada dong, ada banget kesusahannya. Misalnya, deskripsinya terlalu membingungkan, tentang permasalahan remaja saat ini. Tapi mau enggak mau juga harus kita tangani dengan profesional," ujar Zarry.

Zarry juga mengungkapkan, pada minggu awal menjalani jasa pembuatan caption, ia merasa kerepotan dengan banyaknya pesanan,

Akhirnya ia memutuskan untuk bekerja sama dengan empat komika (pelawak) untuk membuat caption dengan guyonan yang segar.

Baca juga: Jasa Penulisan Caption Medsos, Upaya Penuhi Kebutuhan Engagement

Lalu, apakah ada klien yang merasa tidak puas dengan caption yang telah dibuat?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com