Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Gencarkan Bisnis di Segmen Menengah

Kompas.com - 07/01/2019, 18:30 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk baru saja menunjuk Riduan Ahmad yang sebelumnya menjabat SEVP Middle Corporate Mandiri menjadi Direktur Commercial Banking. Bank Mandiri sebelumnya tak memiliki Direktorat Commercial Banking.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, pembentukan direktorat baru ini dilakukan untuk semakin menggencarkan bisnis bank dengan kode emiten BMRI ini di sektor menengah atau UMKM. Adapun hingga saat ini, kontribusi kredit dari segmen menengah atau komersial sebesar 20 persen.

"Nasabah SME (small medium entreprises/UKM) ini segmen menengah yang udah cukup besar tumbuh, namun belum sebesar perusahaan yang listed, kami bentuk lagi direktoratnya karena kami meyakini segmen korporasi ini sudah nomor satu, tapi untuk komersial belum," ujar Kartika ketika memberikan keterangan pers kepada awak media di kantornya, Senin (7/1/2019).

Baca juga: Bank Mandiri Tunjuk Direktur Komersial Baru

Kartika menjelaskan, sebelumnya nasabah commercial banking ditangani di bawah divisi corporate banking. Divisi yang berada di bawah pimpinan Royeke Tumilaar sebagai Direktur Corporate Banking ini harus mengelola dana nasabah sebesar Rp 400 triliun, yang terdiri atas Rp 130 triliun dari nasabah komersial dan Rp 300 triliun dari nasabah korporasi.

Sehingga, secara keseluruhan hampir 60 persen portofolio Bank Mandiri berada di bawah divisi corporate banking.

"Oleh karena itu, kita mesti membelah segmen corporate ini menjadi segmen corporate dan segmen commercial. Untuk commercial, definisinya tadi perusahaan menengah yang sizenya cukup besar, kreditnya ada yang ratusan miliar gitu ya tapi memang bukan perusahaan yang listed atau BUMN," jelas Kartika.

Baca juga: Bank Mandiri Bidik Pertumbuhan Kredit Tanpa Agunan 30 Persen Tahun Depan

Adapun penunjukan Riduan sebagai Direktur Corporate Banking lantaran Riduan telah berkarir di Bank Mandiri dalam waktu yang lama, terutama di segmen UMKM. Kartika menjelaskan, sebelum menjabat sebagai SEVP Middle Corporate Mandiri, Riduan sudah pernah menduduki posisi Regional CEO di wilayah Sumatera Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com