Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Siapkan Rp 6 Triliun untuk Sambungan Listrik Gratis

Kompas.com - 09/01/2019, 07:47 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 6 triliun bagi masyarakat miskin yang belum tersambung listrik.

“Ada alokasi APBN untuk sambungan gratis, sekitar Rp 6 triliun untuk tahun 2019. Jadi kita bagi-bagi," ujar Jonan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/1/2019).

Menurut Jonan, masyarakat dengan golongan tarif listrik 450 VA bisa untuk melakukan pembayaran penggunaan listrik, namun terkendala tingginya biaya penyambungan atau pemasangan.

Baca juga: Jonan Berharap DPR Setujui Rencana Subsidi Pemasangan Listrik

"Kalau langganannya pasti bisa, sekitar Rp 15.000, tapi kalau pasang itu sekitar Rp 500.000. Pemerintah kabupaten, pemerintah kota dan pemerintah provinsi yang membantu," kata Jonan.

Jonan pun meminta pemerintah daerah yang memiliki Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) besar dapat berkontribusi dalam meningkatkan rasio elektrifikasi nasional. Salah satu caranya dengan memberikan sambungan listrik gratis bagi masyarakat tidak mampu yang ada di wilayahnya.

Dia mencontohkan, di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur terdapat sekitar 2.100 rumah yang tidak mampu melakukan penyambungan listrik. Padahal, jaringan distribusi PLN sudah tersedia.

Baca juga: Rasio Elektrifikasi NTT Paling Rendah di Indonesia

“Saya baru dapat laporan dari Ibu Bupati Probolinggo, ada sekitar 2.100 rumah yang sudah ada jaringan distribusinya PLN tapi orangnya belum mampu bayar biaya penyambungannya. Saya berterima kasih kepada Ibu Bupati, ada komitmen bantuan dari Pemerintah Kabupaten untuk memberikan sambungan gratis kepada masyarakat,” ucap Jonan.

“Saya mengimbau, terutama yang di Jawa dan provinsi-provinsi besar, juga Kabupaten-kabupaten yang APBD-nya triliunan, menyisihkan sebagian untuk memberikan sambungan listrik gratis kepada masyarakat yang kurang mampu sehingga bisa menikmati listrik," sambungnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com