Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terapkan 3 Hal Ini agar Resolusi Finansial Tak Hanya Jadi Wacana

Kompas.com - 15/01/2019, 17:35 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber WLTX

NEW YORK, KOMPAS.com - Membuat resolusi dan perencanaan sepanjang tahun layaknya tak lepas dari rutinitas yang mesti dihadapi saat 1 Januari datang. Namun, sayangnya resolusi kadang ditetapkan tanpa adanya rencana nyata bagaimana cara mencapainya.

Bermimpi besar dan menginginkan lebih banyak tentu tidak salah, tapi harus diikuti  perencanaan dari A ke Z serta memperimbangkan bagaimana kemungkinan pencapaian tujuan-tujuan tersebut.

Dari segi finansial, resolusi keuangan pun layaknya perlu untuk dipertimbangkan sebagai tujuan nyata seseorang. Pakar keuangan Steven M Hughes yang dikutip dari WLTX.com, Selasa (15/1/2019), mengatakan ada tiga cara untuk memastikan resolusi finansial Anda menjadi kenyataan di tahun ini.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Menjadi Lebih Cerdas Finansial di 2019

Menurut sebuah studi oleh Goldman Sachs, 80 persen orang lebih suka menyingkirkan utang mereka ketimbang menabung untuk disimpan.

Berangkat dari hal tersebut, apakah tujuan Anda adalah untuk menabung lebih banyak? Mengurangi utang? Atau menemukan cara untuk menghasilkan lebih banyak uang?

1. Paparkan hasil dari resolusi keuangan secara spesifik

Tetapkan spesifik pada hasil yang ingin Anda lihat atau masukkan hal yang lebih spesifik dalam resolusi diikuti oleh tindakan Anda. Jika Anda berencana untuk menabung lebih banyak tahun ini, tambahkan hal ini kepada resolusi untuk menabung secara mingguan atau bulanan Anda. Misalnya, Rp 300.000 setiap minggu atau Rp 1,5 juta per bulan.


2. Temukan tindakan berulang yang akan membantu Anda tetap dalam jalur

Hal ini contohnya, mereka yang ingin berolahraga lebih banyak tahun ini awalnya menjadwalkan 3 atau 4 hari dan bukannya langsung 6 atau 7 hari, hal tersebut pun berlaku sama untuk keuangan.

Temukan tindakan berulang yang akan membuat Anda semakin dekat untuk mewujudkan resolusi keuangan Anda tersebut, tetapi jadikan hal itu sesuatu yang hampir membuat ada seolah tidak sanggup jika Anda tidak menyelesaikannya. Hal ini tentu perlu kerja keras dan pembiasaan.


3. Dapatkan dukungan dari orang terdekat

Apakah Anda mengenal teman atau anggota keluarga yang memiliki resolusi yang sama dengan Anda? Minta mereka untuk membantu Anda tetap di jalur ini.

Jika Anda tidak mengenal siapa pun di lingkaran dekat Anda, paparkan resolusi Anda ke media sosial dan buat pembaruan status tentang hal tersebut untuk resolusi spesifik Anda. Ini adalah salah satu cara paling ampuh untuk melihat perubahan apa yang Anda telah lakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com