Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini Mandiri Capital Akan Investasi di 4 Fintech Baru

Kompas.com - 20/01/2019, 15:40 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mandiri Capital Indonesia merencanakan untuk berinvestasi di empat start up teknologi keuangan (financial technology/fintech) dengan total nilai investasi di kisaran Rp 40 hingga Rp 50 miliar.

Chief Executive Officer (CEO) Mandiri Capital Eddi Danusaputro mengatakan, beberapa fintech sudah berada dalam pipeline investasi Mandiri Capital tahun ini.

"Kita nggak target, tapi kita membudgetkan investasi di empat start up baru mungkin butuh Rp 40 miliar sampai Rp 50 miliar. Sudah ada yang kami bidik, tapi belum bisa kami sebutkan," ujar Eddi ketika ditemui awak media selepas mengisi Indonesia Millenial Summit 2019 di Jakarta, Sabtu (19/1/2019).

Eddi mengatakan, keempat start up tersebut merupakan start up di sektor agritech atau fintech di bidang pertanian yang memberikan pendanaan kepada para petani, kemudian insurtech atau start up di bidang asuransi, dan yang ketiga adalah start up di bidang wealth management.

Sementara tahun lalu, Mandiri Capital telah berinvestasi di 10 start up fintech dengan total dana investasi sebesar Rp 350 miliar.

Eddi pun mengungkapkan beberapa persyaratan untuk start up agar bisa mendapatkan pendanaan dari entitas perbankan.

Hal pertama, adalah setiap start up fintech harus memiliki masalah yang bisa diselesaikan, juga pasar dari fintech tersebut. Kedua bagaimana kinerja tim dari start up yang bersangkutan.

"Contohnya saja Amartha, mereka masuk ke rural area, dan kita nggak bisa masuk ke situ. Kemudian juga KOin Works karena mereka memberikan kepada UKM online di mana Bank Mandiri nggak teralu fasih," jelas Eddi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com