Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara NYIA Diyakini Dongkrak Pariwisata di Daerah Yogyakarta

Kompas.com - 20/01/2019, 19:02 WIB
Yoga Sukmana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KULON PROGO, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution meyakini, kehadiran New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) akan mendongkrak sektor pariwisata.

"Pariwisata di Yogyakarta dan Jawa Tengah akan naik berlipat kali dari yang berlangsung selama ini," ujar Darmin saat meninjau Balai Latihan Kerja (BLK) Kulon Progo, Sabtu (19/1/2019).

"Itu berarti, mereka (turis) akan menggunakan hotel, restoran dan termasuk kemudian mereka yang belanja pakaian, kerajinan, bahan makanan, atau makanan jadi untuk dibawa oleh-oleh," sambungnya

Dengan begitu, lapangan pekerjaan akan tercipta luas di Kulon Progo dan sekitarnya. Darmin menilai hal ini sebagai kesempatan yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat.

Oleh karena itu, pemerintah melakukan revitalisasi BLK Kulon Progo agar bisa dijadikan tempat pelatihan vokasi kepada masyarakat sekitar. Tak hanya keahlian soal kebandarudaraan, namun juga non kebandarudaraan seperti menjadi pelaku UMKM.

"Saya percaya bahwa masyarakat Kulon Progo akan bisa menggunakan kesempatan ini. Sehingga bayangan akan pekerjaan yang tetap, tadinya mungkin jauh dan abstrak, sekarang dia jelas di depan mata," kata Darmin.

Program pilot project Revitalisasi BLK di Kulon Progo ini merupakan salah satu inisiatif yang diusulkan sebagai implementasi dari Peta Jalan Kebijakan Pengembangan Vokasi di Indonesia 2017-2025.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com