Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2018, Pertumbuhan Ekonomi China Sentuh Level Terendah dalam 28 Tahun

Kompas.com - 21/01/2019, 14:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber BBC

BEIJING, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi China terus menunjukkan perlambatan pada kuartal IV 2018. Kondisi ini memicu peningkatan kekhawatiran terhadap dampaknya pada perekonomian global.

Dikutip dari BBC, Senin (21/1/2019), pertumbuhan ekonomi China pada kuartal IV 2018 tercatat sebesar 6,4 persen secara tahunan (yoy). Angka ini lebih rendah dibandingkan 6,5 persen pada kuartal sebelumnya.

Sepanjang tahun 2018, pertumbuhan ekonomi China tercatat sebesar 6,6 persen. Ini adalah angka terendah sejak tahun 1990 atau 28 tahun.

Baca juga: Data Perdagangan China Pukul Pasar Saham dan Komoditas Dunia

Data ini sejalan dengan banyak proyeksi, namun mempertegas kekhawatiran terkait melemahnya pertumbuhan di negara ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut. Data ang dirilis hari ini oleh pemerintah China tersebut pun menunjukkan pertumbuhan ekonomi terendah secara kuartalan sejak krisis keuangan global.

Pemerintah China telah menggeser sumber pertumbuhan ekonomi dari ekspor ke konsumsi domestik. Ini membuat laju pertumbuhan ekonomi menjadi lebih lambat.

Pemerintah pun telah mengambil sejumlah upaya dalam beberapa bulan terakhir untuk menyokong perekonomian. Upaya untuk menggenjot permintaan ini termasuk percepatan proyek-proyek konstruksi dan pemangkasan pajak.

Baca juga: Kekhawatiran terhadap Tingkat Pengangguran di China Mulai Mencuat

Ekonom China di Capital Economics Julian Evans-Pritchard menyatakan perekonomian China tetap lemah pada akhir tahun 2018. Namun, angka yang ditunjukkan tersebut lebih baik ketimbang yang banyak ditakutkan.

"Ekonomi China cenderung akan melemah lebih lanjut sebelum pertumbuhan (ekonomi) kembali stabil pada paruh kedua tahun 2019," sebut Evans-Pritchard.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com