Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mungkinkah Indonesia Ekspor Beras?

Kompas.com - 22/01/2019, 15:15 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution berbicara soal kemungkinan Indonesia mengekspor beras. Menurutnya, Indonesia sangat mungkin untuk melakukan ekspor.

Namun demikian, imbuh Darmin, hal terpenting yang perlu dilakukan Indonesia adalah menjaga agar harga beras tetap stabil.

"Yang penting kita jaga dulu harga beras tidak naik, tidak perlu turun," ujar Darmin ketika memberikan penjelasan kepada awak media di kantornya, Selasa (22/1/2019).

Baca juga: Ekspor Beras, Buwas Sebut Beberapa Negara Tetangga Siap Membeli

Sebagai catatan, data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan di 2018 Indonesia mengalami surplus beras sebesar 2,8 juta ton. Adapun stok beras Perum Bulog di awal 2018 ini dicatatkan mencapai 2,2 juta ton, tertinggi selasa 5 tahun terakhir.

Menurut Darmin, Indonesia tidak susah untuk melakukan ekspor. Beberapa negara yang menurutnya mungkin menjadi pangsa ekspor beras Indonesia adalah Filipina dan Malaysia.

Namun, jika memang berniat serius untuk ekspor, Darmin menekankan, proses ekspor harus dilakukan secara berlekanjutan. Tak bisa hanya sesekali untuk mengosongkan stok di gudang.

Baca juga: Jokowi soal Beras: Jangan Sampai Masyarakat Senang, Petani Enggak Senang...

"Apa susahnya kalau ngomongnya ekspor, ya kirim saja ekspor ke Filipina atau ke mana, ke Malaysia, kalau yang penting bisa ekspor," jelas Darmin.

"Kalau bisa ekspor itu terus-menerus, itu baru namanya ekspor, kalau sesekali begini, sudahlah lupakan," lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com