Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Program Vokasi, Pengembangan SDM Ketenagalistrikan Ditingkatkan

Kompas.com - 23/01/2019, 22:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cirebon Power mendorong pengembangan sumber daya manusia (SDM) ketenagalistrikan. Caranya adalah dengan menyelenggarakan program vokasi operasi dan pemeliharaan pembangkit batu bara bersih.

Program tersebut telah meluluskan 19 orang siswa. Program vokasi itu adalah program kerja sama antara Cirebon Power dengan Korean Midland Power (KOMIPO) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Program yang berjalan sejak Agustus 2018 tersebut terdiri dari 200 jam belajar, 4.800 jam kerja praktik di pembangkit, serta mengikuti uji kompetensi di akhir program.

Baca juga: Ini Langkah Pemerintah Siapkan Pendidikan Vokasi di Level SMK

Presiden Direktur Cirebon Power Heru Dewanto mengatakan, program ini bertujuan menghasilkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi di bidang ketenagalistrikan. Saat ini sejumlah pembangkit listrik sedang dalam proses pembangunan dan tidak lama lagi akan beroperasi di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Lulusan vokasi ini mengantungi sertifikat kompetensi dari Kementrian ESDM, sehingga memenuhi kualifikasi untuk bekerja di pembangkit listrik manapun, apalagi keahlian mereka sangat langka dan spesifik," ujar Heru dalam pernyataannya, Rabu (23/1/2019).

Cirebon Power juga sudah merekrut dua lulusan terbaik dalam program vokasi ini. Heru mengatakan, sangat memungkinkan pihaknya akan kembali merekrut lulusan program vokasi ini di perusahannya.

Baca juga: Industri yang Dorong Vokasi Diberi Insentif Pajak

"Untuk saat ini, karena memang yang dibutuhkan baru dua orang. Jadi, kami baru bisa merekrut dua orang. Namun kita juga membebaskan mereka untuk mencari peluang lain," kata Heru.

Heru juga berharap, dengan dilibatkannya masyarakat lokal dalam program vokasi ini, nantinya bisa lebih banyak lagi pekerja lokal yang bisa bergabung di Cirebon Power. Selain itu, Cirebon Power juga akan menyalurkan para lulusan vokasi ini, ke dalam data base asosiasi pembangkit listrik di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com