Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepada Ibu-ibu, Jokowi Bagikan Kunci Sukses untuk Jalankan Usaha

Kompas.com - 25/01/2019, 15:16 WIB
Murti Ali Lingga,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kiat sukses menjalankan usaha ketika menemui ratusan ibu-ibu yang merupakan nasabah program Membina EKonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) di Lapangan Alun-alun Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (25/1/2019).

Program Mekaar merupakan program yang digagas Jokowi beberapa waktu lalu dan kini berada dalam dinaungi PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero.

"Jujur, disiplin, dan kerja keras. Itu kuncinya, ibu-ibu kalau mau usahanya sukses," ungkap Jokowi.

Menurut Jokowi, jika tiga aspek itu tidak ada dan tidak dijalankan dalam berwirausaha maka hasilnya tidak akan sesuai. Artinya, tidak akan maskimal seperti yang diharapkan.

Baca juga: Jokowi: Pasar Kereta Dunia Luas, Sudah Kita Kuasai

"Kalau itu tidak dilakukan jangan harap bisa sukses," ujarnya.

Dia menuturkan, semasa menjadi pengusaha dulu hal tersebut selalu diterapkannya. Apalagi, dia juga memulai dan menjalankan usahanya mulai dari level yang kecil hingga pada akhirnya bertumbuh.

"Dulu saya juga begitu," sebutnya.

Selain itu, Presiden juga meminta ibu-ibu nasabah Mekaar untuk disiplin mengangsur dana pinjaman usaha yang diterima. Sehingga nantinya tidak ada kesulitan dan terhambat yang dihadapi.

"Program ini harus disiplin mengembalikan, mengangsur. Nanti kalau sudah berkembang, keuntungannya silakan ambil. Tapi dari untung, bukan dari pinjaman pokok. Hati-hati," tambahnya.

Program Mekaar ini sudah berjalan sejak 2016 lalu dan kini jumlah yang tergabung sudah mencapai 4,3 juta di seluruh Indonesia. Para nasabah menggunakan modal untuk membuka usaha dengan berbagai jenis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com