Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Basahnya Bisnis "Start-up" Binatu "Online"

Kompas.com - 28/01/2019, 10:11 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan binatu atau laundry kini tak cuma sekedar menunggu konsumen datang ke outlet saja, tetapi juga bisa mendapat orderan yang masuk. Cara inilah yang coba dikembangkan PT KliknKlin Digital Nusantara, pengelola usaha binatu berbasis teknologi digital, KliknKlin.

Lewat strategi tersebut, mitra bisnis yang sudah dikembangkan sejak 2016 tersebut sudah mencapai 70 mitra yang merupakan pebisnis binatu yang tersebar di sejumlah kota besar di Indonesia.

Angelina, Marketing Executive KliknKlin menargetkan sampai akhir tahun ini, usaha rintisan tersebut bisa menjaring hingga 150 mitra lagi. Atau ada tambahan sekitar 80 mitra usaha.

KlinnKlin sendiri menawarkan dua model bisnis. Yakni KliknKlin untuk aplikasi order online dan layanan kasir digital ke pebisnis binatu. Lantas kemitraan binatu berlabel LaundryKlin dengan fasilitas layanan order online dan kasir digital.

Baca juga: Ingin Investasi di Startup? Kenali Risiko dan Keuntungannya

Khusus untuk aplikasi KliknKlin, sudah tersedia di android dan iOS. "Pengguna bisa melakukan order di aplikasi tersebut," katanya seperti dlansir Kontan.coid .

Dia menyebut, dalam satu bulan bisa mendapatkan 10.000 orderan.

Sayang, Angelina tidak merinci target bisnis  KliknKlin, tapi pihaknya bakal mengutip biaya pemakaian KliknKlin sebesar 20 persen dari omzet. Sedangkan sisanya merupakan milik mitra.

Pemain sejenis yakni D -Laundry juga tidak mau kalah. Memulai sejak 2016, kini sudah ada 20 mitra yang bergabung.  Menurut Dhiya Alhuda, Chief Marketing Officer PT Drop Global Tech, pengelola D-Laundry, pihaknya menyediakan perangkat order online sekaligus pengambilan cucian di konsumen.

D-Laundry mematok bagi hasil dari kerjasama tersebut. Namun Dhiya tidak merinci besarannya. Yang jelas, setiap mitra bisa mendapat 60 orderan per bulan.

Dengan skema itu, dia berani menargetkan menjaring  1.000 mitra bisnis di akhir 2019. (Venny Suryanto)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Start up binatu online gencar tambah mitra bisnis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com