Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Pelaku Usaha UKM, Shopee dan Mall BTM Bogor Buka Kerjasama

Kompas.com - 28/01/2019, 15:23 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Bogor tengah mendapat angin segar dari kerjasama antara Mall BTM Bogor dengan salah satu perusahaan e-commerce Shopee.

Sekitar 1.000 pelaku UMKM yang berjualan di Mall BTM kini dapat memasarkan produknya secara langsung di Shopee melalui program Mall BTM Online.

Direktur Mall BTM Bogor Samuel Koshan mengatakan, lewat kerja sama itu, pihaknya berupaya untuk membuka peluang usaha baru di era digital, khususnya pelaku UKM Bogor yang mempunyai usaha di Mall BTM.

Samuel menjelaskan, melalui kemitraan tersebut, konsumen yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dapat mengakses dan melakukan transaksi jual beli produk tenant Mall BTM.

Baca juga: Bukalapak dan Pemprov Bangka Belitung Dorong Pelaku UMKM Go Digital

"Para pelaku UKM atau tenant di Mall BTM hanya perlu mempersiapkan stok produk yang akan dipasarkan. Dan terkait proses pendistribusian hingga ke tangan konsumen akan ditangani oleh Tim Mall BTM," ungkap Samuel, Senin (28/1/2019).

Dirinya menambahkan, selain untuk mendukung keberlanjutan usaha dan pemasaran produk UKM, sinergi antara Mall BTM dan Shopee Indonesia ini pun ditujukan untuk mengakselerasi rencana Pemkot Bogor dalam membuat Kota Bogor menuju Kota Cerdas (Smart City).

"Kami sangat senang atas sinergi secara offline dan online antara Mall BTM dan Shopee. Kerja sama ini memberikan kesempatan bagi UKM kota Bogor untuk dapat memasarkan produk nya secara lebih luas lagi," katanya.

Baca juga: Shopee Tak Ingin Regulasi Pajak e-Commerce Membuat UMKM Mundur

Sementara itu, Head of Government Relations Shopee Radityo Triatmojo mengatakan, pihaknya berharap dengan jangkauan Shopee di 515 kota dan kabupaten, platformnya dapat dijadikan

medium dalam memajukan produk lokal Bogor khususnya UMKM.

Selain itu, sambungnya, kerjasama ini juga turut dilatarbelakangi oleh potensi produk lokal Bogor yang mengalami peningkatan pemesanan lebih dari 2 kali lipat di Shopee sejak tahun lalu.

"Kini pengguna kami di seluruh Indonesia dapat dengan mudah membeli produk-produk dari Bogor melalui official shop Mall BTM di Shopee,” pungkas Radityo. K97-14

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com