Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Penghentian Ceramah Rhenald Kasali di IPB

Kompas.com - 31/01/2019, 10:56 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar kabar bahwa Guru Besar Manajemen Universitas Indonesia Rhenald Kasali dihentikan ceramahnya dan diusir di depan para aktivis kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) pada pekan ini.

Dari pesan yang beredar disebutkan bahwa mahasiswa menghentikan pidato Rhenald Kasali, dan saat itu Guru Besar UI tersebut juga dia diusir dari forum.

Dikonfirmasi mengenai pesan yang beredar tersebut, Rhenald Kasali menyatakan tidak ada pengusiran sama sekali. Bahkan, para aktivis kampus IPB mengikuti kuliahnya hingga selesai.

"Mahasiswa dan para aktivis mengikuti acara hingga selesai secara antusias," kata Rhenald Kasali, Rabu (30/1/2019) malam.

Rhenald juga mengirimkan klarifikasi dari Rektor IPB Arif Satria terkait dengan beredarnya kabar mengenai penghenian paksa pidato serta pengusiran.

"Setahu saya yang keluar hanya satu orang dan pak Rhenald meneruskan presentasi tentang leadership hingga akhir. Saya minta maaf bukan masalah tidak selektif memilih pembicara, tapi mohon maaf sekiranya inisiatif saya mengundang pak Rhenald, ada yg kurang berkenan di kalangan sebagian peserta. Tapi niat saya mengundang beliau adalah untuk menginspirasi mahasiswa karena buku-buku beliau yang sangat inspiratif," tulis Arif Satria dalam pesannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com