Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan Rp 45 Triliun, Hutama Karya Garap Dua Ruas Tol di Sumatera

Kompas.com - 31/01/2019, 17:37 WIB
Murti Ali Lingga,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) tahun ini berencana membangun dua ruas jalan tol baru di Pulau Sumatera. Jalur ini menjadi bagian atau jaringan yang masuk ke dalam jaringan Trans Sumatera.

Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo, mengatakan, dua ruas tol baru yang bakal digarap ini adalah rute Tol Simpang Indralaya-Muara Enim (110 km) dan Tol Muara Enim-Lubuk Linggau (125 km).

Dua ruas tol baru tersebut akan menambah cabang pada Tol Trans Sumatera yang sudah ada, maupun yang tengah dikerjakan.

"Tambahan itu dari Simpang Indralaya ke Muara Enim dan Muara Enim lanjut ke Lubuk Linggau," kata Bintang di Bandar Lampung, Kamis (31/1/2019).

Baca juga: CIMB Niaga Biayai Proyek LRT dan Tol Trans Sumatera Rp 3,78 Triliun

Dia mengungkapkan, belanja modal (capital expenditure) yang disiapkan guna pembangunan dua ruas jalan tol itu menyentuh angka Rp 45 triliun. Pihaknya kini menunggu persetujuan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Untuk tol baru tahun ini, itu (belanja modal) Rp 45 triliun. Itu dua ruas tol baru untuk 2019, itu tinggal nunggu izinnya dari PU saja," terangnya.

Meskipun sudah berencana menggarap dua ruas tol baru tersebut, Hutama Karya tidak akan pecah fokus. Sebab, perseroan sudah diberi penugasan untuk mengerjakan proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang diberikan pemerintah hingga 2024 mendatang.

"Karena dapat penugasan Trans Sumatera selesai di 2024, jadi kita lebih banyak konsentrasi di Sumatera dulu," seut Bintang.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com