Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamkrindo Targetkan Volume Penjaminan Rp 200 Triliun Tahun Ini

Kompas.com - 01/02/2019, 10:45 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi


KUPANG, KOMPAS.com - Direktur Utama (Dirut) Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) Randi Anto menargetkan volume penjaminan sebesar Rp 200 triliun pada tahun 2019 ini.

Hal itu disampaikan Randi, usai memberikan bantuan secara simbolis berupa biaya renovasi dua gedung dan peralatan pendukung sekolah untuk SMA Negeri 7 Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (31/1/2019).

Menurut Randi, volume penjaminan itu ditargetkan meningkat antara 17 sampai 20 persen dari volume penjaminan pada tahun 2018 yang berjumlah Rp 170 triliun.

Baca juga: Perkuat Layanan UMKM, Jamkrindo Resmikan Kantor Cabang Baru di Kupang

"Kita optimis tetap akan tumbuh, karena memang banyak sekali kegiatan ekonomi dari sektor infrastruktur ke bawah, sehingga kita yakin bahwa volume penjaminan bisa tumbuh antara 17 sampai 20 persen. Karena itu kita berharap volume di tahun ini bisa capai Rp 200 triliun,"ujar dia.

Randi mengatakan, pihaknya memfokuskan diri untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
Namun kata dia, pada tahun ini pihaknya mulai sinergi bisnis dengan BUMN lainnya.

"Tetapi saya kira mayoritas masih berada di UMKM dan juga Kredit Usaha Rakyat (KUR), karena pemerintah juga telah menaikan plafon KUR sama. Artinya semuanya boleh dikatakan fokus di UMKM," ucap Randi.

Baca juga: Jamkrindo Siapkan Cara Hadapi Kenaikan Suku Bunga BI

Dalam kesempatan itu, Jamkrindo memberikan bantuan untuk renovasi gedung perpuskaan dan laboratorium bahasa di SMA Negeri 7 Kota Kupang, yang nyaris roboh.

Randi langsung menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Kupang Vinsensius Sasi di Kupang, Kamis (31/1/2019).

Total nominal bantuan yang disalurkan sebesar Rp 633 juta, terdiri dari bantuan renovasi gedung, rehabilitasi laboratorium bahasa, audio visual, dan bantuan taman bacaan.

"Bantuan yang kami berikan hari ini adalah wujud nyata Peran Jamkrindo dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui sektor pendidikan,” ujar Randi.

Selain menyalurkan bantuan di bidang pendidikan lanjut Randi, Perum Jamkrindo sebelumnya telah bekerja sama dalam program bedah rumah eks pejuang integrasi Timor Timur di Kupang, Adonara dan Larantuka, Kabupaten Flores Timur, dengan sejumlah BUMN lainnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com