Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Subsidi di IPEX, DP Rp 1,5 juta, Cicilan Rp 900.000-an

Kompas.com - 03/02/2019, 14:07 WIB
Yoga Sukmana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Siapa yang tak ingin memiliki rumah?

Hanya saja, seiring dengan harga rumah yang kian mahal, kekhawatiran justru muncul, apalagi untuk masyarakat kelas menengah ke bawah. Selain itu, generasi milenial pun kini masih banyak yang belum memiliki rumah.

“Jangan tunda-tunda lagi deh beli rumah, makin lama makin mahal,” ujar Rivai, salah satu tenaga pemasar perumahan saat ditemui di acara Indonesia Property Expo (IPEX), Jakarta, Sabtu (2/2/2019).

Baca juga: BTN Berikan Bunga KPR 6,69 Persen, Tertarik?

Untungnya, banyak pengembang yang menawarkan rumah-rumah yang disubsidi oleh pemerintah. Sebagian di antaranya berkumpul di IPEX 2019 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 2-10 Februari 2019.

PT Prima Tossa Perkasa, misalnya, menawarkan uang muka atau down payment (DP) yang hanya Rp 1,5 juta untuk rumah tipe 22/60 di Tambun Utara, Bekasi. Uang cicilan pun hanya sekira Rp 900.000 untuk 20 tahun.

Adapun PT Bumi Pratama Cemerlang menawarkan rumah subsidi tipe 30/60 dengan uang muka Rp 1,4 juta dan cicilan Rp 869.300 selama 25 tahun di Leuwisadeng, Kabupaten Bogor.

Baca juga: Kementerian BUMN Minta BTN Naikkan Target Penyaluran KPR

Sementara itu, PT Nusagilang Idaman menawarkan rumah subsidi tipe 30/60 di Cileces, Tangerang. Uang muka Rp 8.000.000 dan cicilan Rp 1 jutaan selama 20 tahun.

Rivai mengungkapkan, rumah subsidi banyak diminati, termasuk oleh generasi milenial saat ini. Sebab, harganya yang relatif lebih murah dari rumah nonsubsidi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com