Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apartemen di Cengkareng Ini Pasang Instalasi Gas Alam Sistem Token

Kompas.com - 04/02/2019, 13:05 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Apartemen Sentraland di Cengkareng mengklaim sebagai apartemen pertama di Jakarta Barat yang menyediakan instalasi gas alam.

Dalam hal ini, pengelola bekerja sama dengan Perusahaan Gas Negara (PGN) untuk penyaluran gas dan alatnya. Pihak pengelola mendorong penghuninya menggunakan gas alam untuk memasak ketimbang mengisi ulang dan membawa tabung gas yang cukup berat ke unit mereka.

Bentuk instalasinya menyerupai meteran listrik yang biasa terpasang di rumah. Cara pengisiannya pun serupa, dengan menggunakan token.

Baca juga: Jaringan Gas Kota Pasuruan Bisa Dimanfaatkan 6.314 Rumah Tangga

 

Salah satu tenaga pemasar yang ditemui Kompas.com di Indonesia Property Expo, Chandra mengatakan, dari kotak meteran itu ada selang yang terhubung dengan kompor. Di selang bagian kompor pun terdapat klep untuk menyalakan dan mematikan aliran gas.

"Gas alam ini jatuhnya lebih hemat daripada gas tabung biasa," kata Chandra kepada Kompas.com di JCC Senayan, Jakarta, Senin (4/1/2019).

Chandra mengatakan, biasanya di rumah susun atau apartemen yang sebelumnya sudah menggunakan instalasi gas, biaya yang dikeluarkan rata-rata Rp 25.000-30.000 per bulan. Pembayaran dilakukan ke pengelola, sama seperti membayar PDAM.

"Selain murah, gas alam lebih aman daripada gas tabung," tambah Chandra.

Baca juga: Akhir Tahun, Warga Tarakan Dapat Nikmati Pasokan Gas dari Pemerintah

Untuk Tower Bunaken, harga yang ditawarkan mulai Rp 311,5 juta hingga Rp 247,8 juta untuk tipe studio. Luasnya sekitar 22 hingga 25 meter persegi. Dengan DP 10 persen, penghuni sudah bisa pegang kunci.

Sementara unit 1 kamar tidur dijual tiga jenis, yaitu standar, corner, dan teras. Harga tunai ditawarkan mulai Rp 466,5 juta hingga Rp l 583,9 juta.

Untuk unit 2 kamar tidur, jenis yang ditawarkan hanya model corner dan teras dengan harga Rp 672,2 juta hingga Rp 740,3 juta. Angsuran yang ditawarkan mulai Rp 3 jutaan.

Untuk awal tahun, pengembang memberikan promo Imlek 2019, yakni bebas biaya akad dan tanpa DP.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com