Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 9 Negara, Kebab Turki Baba Rafi Rambah India

Kompas.com - 07/02/2019, 18:02 WIB
Yoga Sukmana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Bisnis waralaba asal Indonesia, Kebab Turki Baba Rafi, terus memperluas pangsa pasarnya. Tak hanya di Indonesia, tapi juga ke luar negeri.

Kamis (7/2/2019), Baba Rafi mengumumkan akan ekspansi ke India. Negara di Asia Selatan itu akan menjadi negara ke-10 yang dirambah Baba Rafi.

“India sangat potensial sebagai pasar karena penduduknya banyak dan masih satu kawasan Asia,” ujar Franchise Development Baba Rafi, Syamsir, di Jakarta.

Ia juga mengatakan, lndia dan Indonesia memiliki kemiripan, terutama dalam cita rasa makanan. Hal ini diyakini membuat Kebab Baba Rafi bisa diterima.

Baca juga: Ritel Waralaba Disebut Akan Bertahan dari Gempuran Dagang "Online"

Baba Rafi juga sudah menggandeng mitra bisnis yang akan membuka franchise di India, yakni Abhishek Singh dan Suman Mandal.

Abhishek mengatakan, outlet pertama Kebab Baba Rafi akan hadir pada Juni 2019 di Kolkata, India. Ia sangat yakin Kebab Baba Rafi bisa diterima masyarakat di India.

Suman mengatakan, keinginannya membuka outlet Kebab Baba Rafi di India lantaran ingin mengenalkan brand kebab dari Indonesia.

Keduanya berharap Kebab Baba Rafi bisa dikenal oleh masyaralat India, seperti masyarakat di 9 negara lain yang lebih dulu mengenal Kebab Baba Rafi.

Sembilan negara yang lebih dulu menjadi pangsa pasar Kebab Baba Rafi ialah Indonesia, Malaysia, Filipina, Brunei, Singapura, China, Sri Lanka, Bangladesh, dan Belanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com