Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Tahun Politik, BKPM Yakin Investasi akan Naik

Kompas.com - 07/02/2019, 22:11 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) meyakini tahun politik di 2019 tidak akan mempengaruhi iklim investasi di Indonesia. Bahkan, BKPM yakin investasi Indonesia justru akan naik saat tahun politik ini.

"Kalau dari sisi prospek (investasi) 2019, kami optimistis ini akan terlihat naik," ujar Direktur Wilayah I BKPM Agus Joko Saptono dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Agus menambahkan, situasi politik tahun ini berbeda dari 2014 lalu. Hal tersebut tercermin dari angka pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2018 yang mencapai 5,17 persen.

"Saya lihat situasi poltik tidak sekontras yang 2014, ini lebih smooth dan saya lihat ini ada bagian setelah kedua calon bertemu dan sampaikan program-programnya, kemudian saya lihat ini naik, yang kita harap ini akan jadi hal yang positif," kata Agus.

Baca juga: INDEF Nilai OSS Justru Hambat Investasi Asing

Agus pun mengaku pihaknya telah menyiapkan beberapa strategi untuk menggenjot investasi di Indonesia. Salah satunya dengan melakukan perbaikan pada sistem Online Single Submission (OSS).

"Tentu kami dapat tambahan dana Rp 100 miliar untuk digunakan kepentingan melengkapi sistem ini (OSS) lebih baik dan bisa digunakan pengusaha," ucap dia.

Sebelumnya, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong optimistis iklim investasi di 2019 kembali membaik setelah jatuh di 2018.

Thomas mengatakan, pertumbuhan investasi sepanjang 2018 hanya sekitar 4 persen, melambat dibandingkan capaian 2017 di atas 10 persen.

Menurut dia pelambatan itu karena tekanan eksternal seperti perang dagang hingga kenaikan suku bunga yang mempengaruhi nili tukar rupiah. Hal ini membuat investor kurang nyaman dan cenderung wait and see untuk berinvestasi di Indonesia.

"Kita sudah bisa mulai melihat tanda-tanda rebound. Sudah mulai kelihatan dari dialog-dialog kami dengan investor besar, kayaknya investor besar sudah semakin nyaman bahwa badai sudah berlalu, sudah lewat," ujar Thomas di kantor BKPM, Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com