Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imlek, Penjualan E-Commerce Melonjak 70 Persen

Kompas.com - 08/02/2019, 16:15 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Tahun Baru Imlek 2019 mendatangkan berkah bagi industri e-commerce di Indonesia.

ShopBack, platform aggregator e-commerce, mencatat kenaikan volume transaksi yang signifikan saat imlek. Pertumbuhannya hingga 70 persen dibanding rata-rata transaksi harian.

Angka itu juga naik sekitar 10-15 persen dibanding pertumbuhan volume transaksi pada imlek tahun lalu sebesar 55-60 persen.

Country Head of ShopBack Indonesia Indra Yonathan mengatakan, pertumbuhan ini dipicu pola konsumsi masyarakat indonesia yang mulai merambah dunia digital. Apalagi hampir semua e-commerce menawarkan berbagai promo mulai dari potongan harga hingga cashback menjelang perayaan imlek 2019.

“Selain promo imlek, beberapa e-commerce juga ada yang memberikan program promo gajian atau festival belanja online di tanggal cantik, seperti festival belanja 2.2 kemarin," ujar Indra dalam keterangan tertulis, Jumat (8/2/2019).

Baca juga: Ketentuan Pajak E-commerce Bikin Resah, Sri Mulyani Beri Penjelasan

Tidak hanya volume pemesanan yang meningkat, rata-rata belanja masyarakat Indonesia saat imlek tahun ini juga meningkat. Berdasarkan data ShopBack, rata-rata belanja di platform e-commerce pada imlek tahun ini sekitar Rp 746.000, naik 50 persen dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar Rp 480.000.

Volume pemesanan di ShopBack sudah menunjukkan kenaikan dari dua minggu menjelang perayaan imlek. Puncaknya terjadi pada seminggu menjelang perayaan.

Data itu senada dengan hasil survei yang dilakukan ShopBack pada Februari 2018, terhadap lebih dari 1.100 responden di lima kota di Indonesia.

Dalam survei itu diketahui bahwa 40,1 persen responden mengaku membeli perlengkapan imlek tujuh hari menjelang perayaan imlek berlangsung. Sebanyak 24 persen mulai membeli perlengkapan dua minggu sebelumnya dan 16,4 persen pada sebulan sebelumnya.

Sementara itu, kategori marketplace, pulsa, travel, fesyen, dan makanan menjadi lima produk teratas yang dibeli pengguna ShopBack saat promo imlek. Adapun lima marketplace yang menjadi favorit masyarakat pada imlek tahun ini adalah Shopee, Tokopedia, JD.ID, Blibli, dan Bukalapak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com