Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Lulus Kuliah? Ini 5 Tips Sukses Raih Pekerjaan Pertama

Kompas.com - 11/02/2019, 12:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Anda baru lulus kuliah? Hal pertama yang Anda lakukan pastilah menyiapkan diri untuk pekerjaan pertama.

Namun, memperoleh pekerjaan kerap kali bukan hal yang mudah. Banyak lulusan perguruan tinggi yang akhirnya menganggur selama beberapa saat lantaran belum menemukan pekerjaan yang sesuai.

Mengutip Cosmopolitan, Senin (11/2/2019), ada setidaknya 5 tips yang patut Anda ikuti agar sukses memperoleh pekerjaan pertama.

1. Jejaring

Nadim Choudhury, head of careers di London Institute of Banking and Finance mengatakan, jejaring dapat dipastikan menjadi cara ampuh bagi Anda untuk meraih pekerjaan pertama.

"Semakin banyak orang yang Anda mintai bantuan, maka semakin besar kesempatan Anda memperoleh sesuatu yang Anda inginkan. Bicaralah kepada banyak orang dan tunjukkan Anda penasaran dengan pekerjaan mereka," sebut Choudhury.

Baca juga: Mencari Kerja Baru? Lakukan Beberapa Hal Ini

2. Manfaatkan media sosial

Banyak cerita seram tentang orang-orang yang tidak mendapatkan pekerjaan lantaran unggahan mereka di media sosial. Namun, Anda sebetulnya bisa memanfaatkan media sosial untuk menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk sebuah pekerjaan.

"Jika Anda memiliki ketertarikan besar pada perusahaan yang Anda lamar pekerjaan di dalamnya, tunjukkan ini dengan turut terlibat di platform media sosial mereka," tulis MET Marketing, perusahaan perekrutan di Leeds, Inggris.

Pihak MET Marketing menyatakan, saat ini banyak manajer HR menelisik akun media sosial kandidat untuk memperoleh kesan pertama tentang orang yang akan mereka temui, dan mereka bisa melihat apakah Anda tertarik dengan brand atau perusahaan itu. Ini akan menguntungkan Anda.

3. Latihan wawancara kerja

Bila Anda mencari pekerjaan pertama Anda, barangkali Anda belum pernah berada di situasi wawancara kerja. Oleh sebab itu, berlatihlah dan anggap Anda sedang menjalani wawancara kerja.

Fransesca DiTano, head of talent acquisition di Explore Learning menjelaskan, pada dasarnya wawancara kerja tidak menyeramkan. Bila Anda diundang untuk menjalani wawancara kerja, artinya perusahaan melihat potensi Anda.

"Saya rasa ada manfaatnya berlatih keterampilan wawancara kerja dengan seseorang sebelum (wawancara yang sesungguhnya) untuk mengurangi gugup. Mulailah menyusun beberapa jawaban konkrit dan ringkas untuk menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan," ujar DiTano.

Baca juga: Simak, 5 Sikap Tubuh yang Harus Dihindari saat Wawancara Kerja

4. Cari lowongan kerja di tempat yang tepat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com