Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bappenas Sebut Roadmap Pendidikan Vokasi sudah Rampung

Kompas.com - 15/02/2019, 12:47 WIB
Murti Ali Lingga,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, roadmap tentang pendidikan vokasi sudah rampung dikerjakan. Selanjutnya roadmap tersebut akan dilaporkan kepada Presiden.

"Jadi tadi, kita koordinasi. Roadmap-nya sudah kita selesaikan dan mau lapor ke Presiden," kata Bambang usai mengikuti rapat di Kantor Kementerian Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Bambang menuturkan, lembaganya dan sejumlah kementerian terkait ditugaskan untuk menggodok formula tentang pendidikan vokasi. Ini lakukan untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas sebagai program prioritas pemerintah.

Baca juga: Ini Langkah Pemerintah Siapkan Pendidikan Vokasi di Level SMK

"Presiden menugaskan Menko Bidang Perekonomian dan saya untuk menyiapkan roadmap pengembangan SDM, khususnya vokasi untuk RPJMN untuk 2020-2024," ujarnya.

Dia menjelaskan, ada sejumlah topik atau poin yang terdapat dalam naskah pendidikan vokasi tersebut. Salah satunya ialah adanya sinkronisasi antara pendidikan dan pelatihan, sehingga bisa selaras.

"Kedua, bagaimana mencegah mismatch misalnya antara kebutuhan dunia kerja dengan sektor pendidikan. Ketiga, bagaiaman kita mendorong kurikulum yang lebih memperbanyak unsur magang. Kebetulan anggaran di 2019 sudah ada pemikiran magang ke luar negeri," ujarnya.

Baca juga: Hadapi Persaingan Global, Pemerintah akan Tingkatkan Pendidikan Vokasi

Ia menyebutkan, tiga poin tersebut yang menjadi pokok utama dalam roadmap pendidikam vokasi tersebut. Selain itu juga pada unsur pendidik atau guru.

"Itu tiga unsur yang penting. Satu lagi penguatan di gurunya. Pelatihan gurunya dan instruktur," jelasnya.

Sejauh ini, Bambang belum mengetahui apakah roadmap ini akan dituangkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) atau Peraturan Presiden (Perpres). Hal ini akan dibahas lagi bersama Presiden saat melaporkan kemajuan roadmap itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com