Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat Transportasi: Stop Pembangunan Tol di Jawa

Kompas.com - 15/02/2019, 15:00 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat transportasi, Dharmaningtyas meminta kepada siapapun yang terpilih nantinya untuk menghentikan pembangunan tol di Pulau Jawa.

Menurut dia, dengan dibangunnya Tol Trans Jawa saat ini sudah mencukupi kebutuhan infrastruktur tranaportasi darat di Jawa.

"Saya kira salah satu keberhasilan Jokowi adalah menyelsaikan pembangunan Tol Trans Jawa. Ok itu kita apresiasi, tapi saran saya stop pembangunan tol di Jawa," ujar Dharmaningtyas di Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Dharmaningtyas menambahkan, Pulau Jawa merupakan salah satu lumbung pangan Indonesia. Dikhawatirkan, jika pembangunan infrastruktur terus berlanjut bisa menggerua lahan produktif milik para petani.

"Kalau tanah-tanah di Jawa habis untuk membangun tol, maka akan jadi problem ke depan soal cadangan pangan dan air baku," kata Dharmaningtyas.

Dia menyatankan di masa pemerintahan mendatang lebih baik meningkatkan infrastruktur di laut. Khususnya, di pelabuhan-pelabuhan rakyat.

"Selama ini kan hanya di pelabuhan besar, tapi pelabuhan kecil yang pelayarannya itu dilayani rakyat relatif masih banyak teringgal. Contohnya di Kali Anget, Dongkek. Itu menghubungkan antar pulau, tapi pelabuhannya tidak layak," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com