Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo: Dengan Swasembada Pangan, Air, dan Energi, Bangsa Bisa "Survive"

Kompas.com - 17/02/2019, 20:30 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan, masalah pangan, energi, dan air merupakan masalah utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurut dia, sebagaimana dikatakan Persatuan Bangsa Bangsa, tiga hal tersebut merupakan tolak ukur keberhasilan suatu negara.

"Berdiri di atas kaki kita sendiri, swasembada pangan, swasembada energi, swasembada air, agar bisa survive sebagai satu bangsa," ujar Prabowo saat memaparkan visi misi di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019) malam.

Prabowo mengatakan, negara yang berhasil adalah yanh mampu memenuhi pangan, energi, dan air bagi rakyat. Jika terpilih sebagai presiden nantinya, ia menjamin pangan tersedia dengan harga terjangkau untuk seluruh rakyat.

Ia juga menjamin kesejahteraan seluruh pelaku di bidang pangan. Demi menyejahterakan petani, Prabowo akan juga akan menyediakan pupuk subsidi dalam jumlah yang cukup.

Baca juga: Prabowo Sebut APBN Bocor 25 Persen, Ini Kata Istana

"Kami akan menjamin produsen, petani, petambak, nelayan harus mendapat penghasilan yang memadai," kata Prabowo.

Di bidang energi, Prabowo dan wakilnya, Sandiaga Uno juga ingin menurunkan harga listrik. Begitu juga dengan harga makanan pokok yang saat ini dianggap semakin mahal.

Prabowo juga menyorot soal kebocoran kekayaan Indonesia ke luar negeri. Menurut dia, banyak aset maupun uang yang semestinya dikelola di dalam negeri, namun berada di luar negeri.

"Kami akan mengamankan sumber ekonomi, menjaga pundi pubdi bangsa supaya kekayaan kita tidak mengalir keluar," kata Prabowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com