Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Repsol dan Petronas Temukan Potensi Cadangan Gas di Blok Sakakemang

Kompas.com - 18/02/2019, 12:26 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan telah menemukan potensi cadangan gas baru di salah satu sumur di Blok Sakakemang, Sumatera Selatan.

Hasil eksplorasi Konsorsium Repsol, Petronas, dan Mitsui Oil Exploration tersebut disampaikan oleh Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto ketika memberikan paparan dalam konferensi pers Discovery Sumatera bersama Repsol pagi ini, Senin (18/2/2019).

"Temuan potensial telah ditemukan di Sumatera Selatan," ujar Dwi di Jakarta.

Namun, Dwi belum bisa mengungkapkan besaran angka dari potensi dari temuan tersebut, meski potensinya cukup signifikan.

Baca juga: Kepala SKK Migas Berjanji Tak Akan Manjakan Pertamina

Temuan potensi cadangan gas ini merupakan hasil pengeboran kedua di Blok Sakakemang.

Untuk mengetahui lebih lanjut menganai potensi produksi, Dwi mengatakan dalam waktu dekat temuan ini akan segera ditindaklanjuti dengan persiapan untuk produksi.

"Sejak 10 Februari hingga beberapa hari ke depan Repsol akan tes produksi. Nanti akan disampaikan kalau berhasil produksi. Jadi pekerjaan ini masih akan diteruskan sehingga benar-benar kami menyampaikan secara detil mengenai cadangannya itu," ujar Dwi ketika dijumpai di Jakarta, Senin (18/2/2019).

Pengeboran sumur KBD-2x dilakukan pada 22 Agustus 2018 dengan target factor basement, dan cadangan ditemukan pada kedalaman 2.430 MD.

Adapun, tambah Dwi, ini adalah temuan di blok mature. Sehingga, Dwi optimistis masih akan menemukan cadangan-cadangan di blok tua lainnya.

"Ini blok mature tapi masih temukan cadangan baru dan potensi peningkatan produksi. Jadi ini merupakan gambaran bahwa kita jangan terlalu pesimistis," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com