Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Gandeng Marketplace Dorong UMKM Go Digital

Kompas.com - 20/02/2019, 17:10 WIB
Murti Ali Lingga,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi (Keminfo) menargetkan sebanyak 8 juta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan menengah (UMKM) bisa terdigitalisasi.

Mereka harus bisa memasarkan produknya dalam jaringan lewat marketplace, sehingga dapat meningkatkan akses pangsa pasarnya.

Pelaksana Tugas Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo, Slamet Santoso mengatakan, 8 juta UMKM itu sedang berjalan ke digitalisasi atau tahap permulaan.

“Program UMKM online ini ada empat tahap. Setelah on boarding, kemudian active selling (penjualan secara aktif), skill up (peningkatan kapasitas), dan go public (penawaran publik). Saat ini, 8 juta itu sedang menuju active selling,” kata Slamet di Jakarta, Selasa (20/2/2019).

Baca juga: Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Gojek Wirausaha

Slamet munuturkan, untuk tahapan active selling itu, pihaknya menyerahkan secara penuh kepada marketplace yang akan dipilih pelaku UMKM sebagai tempat berjualan lewat online.

“Kita serahkan kepada marketplace untuk membina menjadi UMKM, termasuk pemerintah daerah kita libatkan,” tuturnya.

Dia menyebutkan, pihaknya melakukan kerja sama dengan 6 marketplace, yakni Bukalapak.com, Blibli.com, Blanja.com, Grab Food, Go Food, dan Shopee.

"Kita tidak hanya berhenti sampai disini. Keminfo tetap bisa diajak untuk kerja sama mendorong UMKM go digital," sebutnya.

Karena itu lanjut Slamet, marketplace tersebut diharapkan bisa memberikan pelatihan kepada pelaku industri UMKM. Sehingga mereka bisa lebih paham tentang bisnis lewat online tak hanya sekedar konvensional. Slamet pun menyadari mengubah pola pikir para pelaku UMKM di Indonesia terbilang susah. Hal ini menjadi tantangan besar bagi pemerintah.

"Mengubah mindset UMKM itu yang susah, dari analog ke digital," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com