Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Sidrap-Jeneponto Suasananya sudah Seperti di Belanda

Kompas.com - 25/02/2019, 16:06 WIB
Yoga Sukmana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengungkapan bahwa Indoneia sudah memulai mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) atau tenaga angin

Ada dua daerah yang disebutkan Jokowi menjadi contoh. Kedua daerah tersebut yakni Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Jeneponto di Sulawesi Selatan.

"Bapak Ibu kalau ke Sidrap-Jeneponto, udah kayak di Belanda," ujarnya saat meresmikan PLTU Cilacap Ekspansi 1x660 MW di Cilacap, Senin (25/2/2019).

"Ada kincir (angin) yang besar-besar muter-meter. Saya ke sana di atas bukit itu kincirnya gede-gede sekali," sambungnya.

Presiden mengatakan, pembangunan PLTB dilakukan sebagai bagian dari upaya mengurangi penggunaan solar yang merupakan minyak fosil dan batubara untuk pembangkit listrik.

Ia menuturkan, pemerintah pasti akan melakukan pembangun PLT Angin lainnya di daerah lain yang potensial.

Selain itu, Jokowi juga mengatakan bahwa pemerintah ingij mengembangkan pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

"Karena Indonesia memiliki sungai yang banyak sekali oleh sebab itu perlu kita manfaatkan ke depannya agar kita tidak ketergantungan dengan batubara, harus melihat visi ke depan 100 50 tahun ke depan," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com