Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Resmikan Kantor Perwakilan di China

Kompas.com - 25/02/2019, 17:00 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) terus memperkuat peran Kantor Perwakilan di Luar Negeri (LN) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dengan membuka Kantor Perwakilan LN baru di China.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, penguatan peran Kantor Perwakilan LN merupakan bagian dari reformasi organisasi dan sumber daya manusia yang ditempuh bank sentral.

"Reformasi organisasi terkait Kantor Perwakilan BI didasarkan pada pentingnya peran Kantor perwakilan BI khususnya di luar negeri untuk berkontribusi secara luas terhadap perekonomian, tidak hanya bagi Indonesia namun juga bagi negara mitra, seperti China," ujar Perry ketika melalui keterangan tertulis di laman resminya, Senin (25/2/2019).

Baca juga: BI Resmikan Gedung Kantor Perwakilan di Bangka Belitung

China merupakan salah satu mitra kerjasama ekonomi terbesar Indonesia baik dalam bidang perdagangan, investasi, pariwisata, dan bidang lainnya. Untuk itu, kehadiran Kantor Perwakilan BI Beijing diharapkan semakin memperkuat hubungan ekonomi dan keuangan kedua negara, serta memberikan pemahaman dalam upaya pengembangan ekonomi dan keuangan.

Ini termasuk pula kebijakan yang ditempuh China, khususnya yang berdampak bagi Indonesia.

Dengan diresmikannya Kantor Perwakilan ini, BI telah memiliki 5 Kantor Perwakilan di luar negeri, yaitu Kantor Perwakilan BI New York, London, Singapura, Tokyo, dan Beijing. Masing-masing Kantor Perwakilan memiliki cakupan kewenangan tugas sesuai wilayah kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com