Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Pesawat Mahal, Animo Masyarakat Naik Bus Meningkat

Kompas.com - 26/02/2019, 17:37 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiydi mengatakan, animo masyarakat menggunakan moda transportasi bus untuk berpergian ke luar kota mulai kembali bergairah.

Budi menduga hal ini terjadi karena tingginya harga tiket pesawat akhir-akhir ini. Sehingga, masyarakat lebih memilih menggunakan bus untuk berpergian.

“Kita lihat masyarakat sudah mulai banyak gunakan transportasi bus. Misal (dari) Jakarta ke Solo tadinya memilih pesawat sekarang sudah banyak yang menggunakan bus,” ujar Budi di Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Baca juga: Menhub Gagas Pembentukan Bus Trans Java

Budi mengatakan, hal tersebut diketahui berdasarkan laporan dari beberapa operator bus. Menurut Budi, tingginya harga tiket pesawat harus bisa dimanfaatkan para operator bus untuk meningkatkan pelayanannya.

Dengan begitu, masyarakat akan semakin nyaman memilih bus sebagai alat transportasi.

“Ini momentum bagi transportasi darat khususnya moda transportasi bus, sekarang kita lihat masyarakat sudah mulai banyak gunakan transportasi bus,” kata Budi.

Baca juga: Menko Darmin Heran Harga Tiket Pesawat Enggak Turun-turun

Namun, Budi belum bisa merinci berapa jumlah kenaikan penumpang bus saat ini.

“Sedang saya lakukan perhitungan berapa persen kenaikannya, karena kemarin dari beberapa operator mengatakan sudah ada peningkatan yang sangat signifikan terhadap persepsi atau kepercayaan masyarakat untuk menggunakan bus kembali,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com