Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Kalau Pinjam Uang Harus Hati-hati...

Kompas.com - 27/02/2019, 19:03 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengingatkan para debitur agar menggunakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) hanya sebagai modal usaha. Jangan sampai dana tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi peminjam.

"Saya pesan betul, jangan sampai pulang dari bank dapat KUR Rp 30 juta, besoknya malah ke dealer sepeda motor pulang gagah bawa motor baru," ujar Jokowi di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (27/2/2019).

"Hati-hati, ini kebiasaan kita. Kalau pinjam uang harus hati-hati," lanjut dia.

Jokowi mengatakan, tak jarang ditemui kasus masyarakat menggunakan KUR untuk kepentingan konsumtif lainnya. Padahal, hal itu justru memberatkan. Di saat bersamaan, debitor tersebut harus membayar cicilan motor sekaligus melunasi pinjaman di bank.

Baca juga: Sri Mulyani: Jangan Ngeluh Lagi ke Pak Jokowi, Janji Ya...

Jika kreditnya macet, maka motor bisa ditarik oleh dealer dan aset juga bisa disita oleh bank.

Jokowi menekankan bahwa KUR hanya boleh dipakai untuk modal usaha.  "Kalau ada uang keuntungannya boleh buat beli baju, beli perhiasan," kata Jokowi.

Jokowi mendorong agar KUR dimanfaatkan untuk sektor produktif seperti peternakan, pertanian, dan perikanan untuk meningkatkan modal usaha. Sektor produktif bisa lebih cepat menghasilkan sehingga pelunasan pinjaman juga lebih lancar.

Selain KUR, ada juga Umi (Usaha Mikro) untuk pinjaman yang nilainya dibawah KUR. Selain itu juga ada program Bank Wakaf Mikro yang sudah berjalan dua tahun di sejumlah pondok pesantren.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com