Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelita Samudera Shipping Dapat Pinjaman 21 Juta Dollar AS untuk Beli Kapal Induk

Kompas.com - 28/02/2019, 16:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) mendapatkan fasilitas pendanaan jangka panjang dari ICICI Bank Limited, Cabang Singapura untuk fasilitas term-loan sebesar hingga 21 juta dollar AS. Pinjaman ini akan digunakan untuk ekspansi armada.

Pinjaman tersebut bertenor maksimal 5 tahun dan 3 kuartal. Ada pula fasilitas derivatif sebesar 1,5 juta dollar AS untuk tujuan lindung nilai. 

"Perseroan berencana untuk memakai fasilitas term-loan untuk mendanai ekspansi 
armada, termasuk pembelian kapal induk kelas Supramax," kata Imelda Agustina Kiagoes,
Sekretaris Perusahaan PSSI dalam keterangannya usai Rapat Umum Pemegang Saham, Kamis (28/2/2019).

Baca juga: 2018, Pelita Samudera Shipping Catat Pendapatan 63,5 Juta Dollar AS

RUPS juga menyetujui perpindahan kantor pusat perseroan seiring kenaikan aktivitas bisnis. Awal Maret 2019, perseroan akan mulai resmi berkantor di Menara Astra dari gedung lamanya di Menara Citicon. 

Pemegang saham juga menyetujui rencana perseroan untuk mendapatkan fasilitas valuta asing sebesar  maksimum 5 juta dollar AS dari Citibank NA Indonesia, yang dapat digunakan untuk tujuan lindung nilai. Sebab, perseroan memiliki sebagian dari pendapatan, biaya dan pendanaan untuk belanja modal dalam mata uang dollar AS.

Baca juga: Pelita Samudera Shipping Tuntaskan Pembelian Kapal Baru

Sepanjang tahun 2018, PSS membiayai seluruh belanja modal dengan dana internal sebagai bagian dari strategi pertumbuhan jangka panjang perseroan untuk membangun kapabilitas keuangan. Adapun tahun ini PSSI akan mulai memanfaatkan kApasitas keuangan untuk mendanai sebagian dari ekspansi armada di tahun 2019. 

"Perseroan sedang melihat peluang untuk mengembangkan bisnis MV (kapal induk) sembari meremajakan armada kapal tunda dan tongkang (TNB)," ujar Imelda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com