Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemerintah Akui Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2017 Tak Sesuai Harapan

Namun ia mengakui hal itu tidak sesuai perkiraan pemerintah. "Secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi kita tidak jelek walaupun tidak sebagus yang diharapkan," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (8/8/2017).

Dari sumber pertumbuhannya tutur Darmin, pertumbuhan ekonomi kuartal II 2017 masih di dorong investasi, konsumsi rumah tangga, dan ekspor, yang sejauh ini masih tumbuh positif. Hanya konsumsi pemerintah yang justru minus 1,93 persen.

Namun, dia menuturkan, jebloknya konsumsi pemerintah bukan karena belanja modal namun lantaran keterlambatan pencairan gaji ke-13 dan belanja barang rutin akibat adanya efisiensi anggaran.

"Kalau seandainya itu (konsumsi pemerintah) naik saja, maka angka pertumbuhan ekonomi 5,1 persen itu pasti mungkin terjadi," kata Darmin.

Adapun tingkat konsumsi rumah tangga 4,94 masih dianggap  tumbuh positif oleh pemerintah. Meskipun, lebih kecil dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 5,07 persen.

Sementara itu dari sisi sektor, pemerintah juga menilai pertumbuhan sektor pertanian, konstruksi, dan jasa tumbuh cukup baik pada kuartal II 2017.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/08/141700926/pemerintah-akui-pertumbuhan-ekonomi-kuartal-ii-2017-tak-sesuai-harapan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke