Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tawaran Promo Umrah yang Dijanjikan First Travel Kerap Berubah-ubah

Adapun berdasarkan data kepolisian, jumlah jemaah yang gagal diberangkatkan ibadah umrah oleh First Travel mencapai 35.000 orang.

Aldwin menuturkan, para jemahaan tersebut selama ini dijanjikan dan diberikan tawaran-tawaran promo. Namun, berbagai tawaran promo itu selalu berubah.

"Misal 2017 untuk berangkat Mei 2017. Di fase itu dibuka lagi promo-promo lain," kata Aldwin dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (12/8/2017).

(Baca: Bos First Travel Ditangkap Polisi, Bagaimana Dana Calon Jamaah?)

Menurut Aldwin, beberapa promo tersebut antara lain promo carter maupun promo ulang tahun. Akan tetapi, promo-promo tersebut memiliki angka yang dipandang tidak realistis.

Promo ulang tahun, misalnya, dibanderol dengan kisaran harga Rp 8,9 juta. Sementara itu, promo lainnya dibanderol dengan harga Rp 14,3 juta.

"Tapi pada masa periode yang dijanjikan selalu terlewat, tidak berangkat. Kalau mau berangkat, di-upgrade lagi sampai Rp 21 juta," jelas Aldwin.

Hal-hal semacam ini, imbuh Aldwin, sudah masuk dalam unsur penipuan dan penggelapan.

Pasalnya, meskipun sudah melunasi biaya umrah dan bahkan sudah meningkatkan biaya agar bisa berangkat, calon jemaah tetap saja tidak diberangkatkan.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/12/173000226/tawaran-promo-umrah-yang-dijanjikan-first-travel-kerap-berubah-ubah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke