Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seperti Ini Optimisme Panasonic Indonesia

KOMPAS.com - Salah satu produk andalan yang dijual Panasonic Gobel Indonesia (PGI) adalah pendingin udara. Lantaran pasar di Tanah Air dengan jumlah penduduk hingga 280 juta jiwa atau terbanyak di Asia Tenggara, PGI menunjukkan optimismenya untuk meningkatkan penjualan AC.

Heribertus Ronny, Assistant General Manager Product Air Conditioner PT Panasonic Gobel Indonesia, di Jakarta, pekan lalu, menjelaskan Panasonic Global juga mengembangkan berbagai teknologi terkini AC. Salah satunya adalah inverter yang diklaim mampu mereduksi konsumsi listrik hingga 50 persen. "Panasonic sudah fokus di inverter sejak delapan tahun lalu," tutur Ronny.

Saat ini, untuk kawasan Asia, Panasonic menetapkan pabrik di Shah Alam. Malaysia, sebagai pabrik utama produksi AC. Saat ini, PPAPMY menempati lahan seluas 200.000 meter persegi. PAPAMY lengkap dengan fasilitas ultramodern dari Jepang.

Mengutip data GfK, Ronny menyebut bahwa pasar AC di Indonesia ada sekitar 2 juta unit. Dari jumlah itu, 11 persen adalah AC inverter.

Tantangan

Terkait AC inverter ini, Ronny memaparkan bahwa saat ini tren AC inverter di Indonesia baru menyentuh angka maksimal 11 persen. Angka ini terbilang masuk ukuran mini andai dibandingkan dengan negara-negara tetangga Indonesia.

Ronny mencontohkan, di Jepang penetrasi AC inverter ada di posisi 99 persen. Hal yang sama terjadi di Singapura,

Lantas, Vietnam masih lebih unggul dari Indonesia ihwal AC inverter pula. Di Negeri Paman Ho ini, penetrasi AC inverter menembus angka 40 persen. "Di Filipina 20 persen," imbuh Ronny.

Khusus untuk Indonesia, Ronny mengatakan bahwa ada target tiga tahun ke depan untuk meningkatkan penetrasi AC inverter. "Harus bisa mencapai penetrasi 30 persen," tuturnya. (Baca: AC Juara untuk Keluarga Indonesia)

Lebih lanjut, Ronny mengatakan bahwa pihaknya melakukan berbagai strategi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia hidup dalam kondisi menghemat energi listrik. "Apalagi di Indonesia, listrik kan naik terus (harganya)," kata Ronny.

AC Panasonic dengan teknologi inverter, lanjut Ronny, adalah salah satu kiat menyiasati agar hidup dalam kondisi menghemat energi listrik adalah kegiatan yang menjadi kebiasaan. PGI, aku Ronny, mengkampanyekan gaya hidup seperti itu melalui saluran-saluran media komunikasi. PGI juga tak ketinggalan mengedukasi media, termasuk media dalam jaringan (online). Salah satunya dengan kunjungan ke PAPAMY sejak Senin (14/7/2017) sampai dengan Rabu (16/7/2017). (Baca: Panasonic Gobel Indonesia Targetkan Pertumbuhan Bisnis hingga 2020)

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/15/120000626/seperti-ini-optimisme-panasonic-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke