Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Ada Hiburan di Dalam Pesawat AirAsia, Ini Alasannya...

Dalam perbincangannya dengan Kompas.com di Macau International Airport beberapa waktu lalu, Direktur Niaga AirAsia Indonesia Rifai Taberi menjelaskan pihaknya membutuhkan investasi tinggi untuk memasang fasilitas entertainment di dalam pesawat.

"Karena kami konsepnya low cost carrier, dan konsep kami adalah menyediakan jasa transportasi untuk memindahkan orang dari titik A ke titik B," kata Rifai.

Jika maskapai menyediakan seluruh kebutuhan penumpang, lanjut dia, membutuhkan biaya tinggi. Sedangkan kebutuhan tiap penumpang berbeda-beda.

Tidak semua penumpang, kata dia, membutuhkan fasilitas entertainment. Sedangkan penyediaan fasilitas entertainment itu harus dapat diserap oleh semua penumpang.

"Takutnya malah nanti menjadi beban cost, kemudian kami enggak bisa menawarkan tarif hemat dan terjangkau kepada penumpang. Karena menurut kami, travelling itu mengenai planning dan pilihan," kata Rifai.

Menurut dia, ada penumpang yang naik pesawat dalam rangka bisnis. Ada pula penumpang yang naik pesawat untuk bersenang-senang dengan keluarganya. Kebutuhan tiap penumpang ini berbeda-beda.

Penumpang sebagai pebisnis biasanya tak membutuhkan bagasi. Sebaliknya, ketika penumpang berjalan-jalan bersama keluarganya pasti akan membutuhkan bagasi.

Rifai menjelaskan, maskapai menyediakan tarif hemat sesuai kebutuhan orang, bukan kebutuhan sehari-hari.

"Kami menyediakan, kamu beli tiketnya. Tapi yang lainnya terserah kamu mau beli apa enggak, itu tergantung kebutuhan kamu. Ini kan konsep yang kami tawarkan, low cost," kata Rifai.

Sementara ini, baru pesawat AirAsia Malaysia yang sudah tersedia fasilitas entertainment atau inflight entertainment bernama Rokki.

Penumpang dapat tersambung dengan fasilitas Wi-Fi dari dalam pesawat. Mereka dapat streaming video, koneksi internet, dan lain-lain.

"Untuk Indonesia, kami sedang eksplor menjalankan itu. Karena planningnya juga butuh equipment segala macam, jadi tunggu tanggal mainnya saja," kata Rifai.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/15/122853626/tak-ada-hiburan-di-dalam-pesawat-airasia-ini-alasannya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke