Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dstribusi Bahan Pokok Terancam Molor akibat Pembatasan Kendaraan

Mengutip Kontan, Jumat (18/7/2017), pengusaha menilai kebijakan ini akan berpotensi menghambat proses distribusi bahan kebutuhan pokok.

Wakil Ketua Umum Bidang Angkutan Distribusi Logistik Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia Kyatmaja Lookman mengatakan, selama ini peran jalan tol Jakarta-Cikampek cukup vital bagi perekonomian dan kegiatan distribusi logistik.

Oleh karena itu, menurutnya, kebijakan pembatasan operasional jalan tol bagi angkutan barang berpotensi menghambat distribusi barang pokok. "Dengan pengalihan rute, supir truk harus bekerja lebih pagi. Efeknya distribusi barang bisa terganggu," ujarnya, akhir pekan lalu.

Apalagi menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna, dengan pembatasan operasional angkutan barang di jalan tol maka para pengusaha logistik sebaiknya mencari alternatif jalur lain untuk distribusi barang.

Ia menyarankan agar para pengusaha logistik mulai memaksimalkan jalur kereta dan jalur laut sebagai alternatif distribusi barang. "Beralih ke kapal atau kereta, itu lebih efesien. Kalau mau lewat jalan tol (Jakarta-Cikampek) setelah orang berangkat kerja," katanya.

Wakil Ketua Kadin bidang Perhubungan Carmelita Hartoto juga menilai, rencana pembatasan angkutan barang di jalan tol Jakarta-Cikampek berpengaruh terhadap proses distribusi barang.

Sebab para pengusaha perlu menghindari pengiriman barang pada jam-jam larangan angkutan barang melintas di jalan tol yakni pukul 06.00-09.00 WIB bila tak ingin terjadi keterlambatan.

Soal tawaran pemerintah memanfaatkan moda transportasi lain, Carmelita bilang, perlu diperhitungkan oleh pengusaha seberapa kompetitif ila dihitung dengan keterlambatan proses distribusi selama pembatasan operasional angkutan barang di jalan tol. "Mengingat angkutan darat adalah moda transportasi door to door," jelasnya.

Rencana pembatasan operasional angkutan barang di jalan tol Jakarta-Cikampek  rencananya akan dilakukan untuk mengatasi kemacetan sebagai imbas pembangunan proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek dan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Untuk itu pemerintah menawarkan jalur alternatif lain.

Berita ini diambil dari kontan.co.id dengan judul: Distribusi barang pokok terancam molor

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/18/111210026/dstribusi-bahan-pokok-terancam-molor-akibat-pembatasan-kendaraan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke