Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pensiun dengan Simpanan Miliaran Rupiah, Bagaimana Caranya?

Banyak orang mengatakan bahwa masa pensiun itu merupakan masa tenang. Masa di mana seseorang tidak perlu lagi bekerja, tetapi tinggal menikmati hidup saja.

Benarkah demikian? Seharusnya benar. Namun, hanya 7 persen masyarakat Indonesia yang menyadari hal tersebut.

Hanya 7 persen pula yang sudah mempersiapkan dana pensiun. Sebanyak 93 persen sisanya tidak mau tahu akan hal itu.

Mereka cenderung berpikir bahwa dana pensiun bisa dikumpulkan ketika mendekati masa pensiun. Kalau Anda juga berpikir demikian, ubahlah pola pikir tersebut secepatnya.

Jumlah persentase di atas sangat mengkhawatirkan. Dapat dikatakan, banyak orang akan jatuh miskin saat usia pensiun.

Ketidaksanggupan untuk memenuhi kebutuhan membuat angka kemiskinan di Indonesia semakin bertambah.

Ingin dipaksa untuk bekerja, perusahaan malah menolak karena usia tidak memenuhi kriteria. Alhasil, Anda akan cemas dan bekerja serabutan untuk membiayai kebutuhan sehari-hari.

Berbagai perkataan untuk menguatkan diri sendiri pun kerap kali diucapkan. “Tuhan tidak akan membiarkan umat-Nya kesusahan”.

Itulah kalimat pasrah yang sering kali terucap. Selain itu, Anda mungkin akan meminta bantuan kepada anak.

Akan tetapi, perlu diingat kalau anak Anda juga punya kebutuhan yang harus dipenuhinya. Tidak layak dan sepantasnya jika Anda terus-menerus meminta kepada anak.

Mengapa Usia Pensiun Butuh Dana Miliaran Rupiah?

Saat pensiun nanti, Anda membutuhkan uang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan semisal biaya kesehatan.

Ada berbagai macam penyakit yang mungkin timbul saat tua nanti. Misalnya, osteoporosis alias tulang keropos, jantung, gula, darah tinggi, dan masih banyak lagi.

Untuk mencegah penyakit tersebut, Anda harus menjaga pola makan. Selain itu, Anda juga harus rutin memeriksa kesehatan. Padahal, biaya berobat itu sangat mahal, bukan?

Lantas, langkah apakah yang harus dilakukan agar punya dana miliaran saat pensiun?

1. Menabung

Menabung adalah hal utama yang bisa Anda lakukan. Menabung bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Jika gaji bulanan sudah diterima, sebaiknya 15-20 persen dari total gaji tersebut disimpan ke dalam buku tabungan.

Jika Anda orang yang boros, mintalah kepada perusahaan agar langsung memotong gaji bulanan untuk dimasukkan ke rekening tabungan. Dengan demikian, tidak ada kata “bolos menabung” lagi setiap bulan.

2. Hidup Sederhana

Anda yang masih muda perlu hidup sederhana sebelum masuk usia pensiun. Hal ini terlihat mudah, tetapi kenyataannya sangat sulit dilakukan.

Anda cenderung mengikuti gaya hidup orang lain. Anda tidak bisa menahan nafsu untuk bersenang-senang. Alhasil, gaji per bulan tidak tersisa untuk ditabung atau malah kurang.

Hidup sederhana bisa Anda mulai dengan membiasakan sifat menabung. Selain itu, hindari untuk terlalu sering besenang-senang, nongkrong di kafe, dan berbelanja.

Hidup sederhana tidak akan membuat hidup terasa flat. Anda bisa melakukan hal kecil untuk bisa happy. Misalnya, dengan berkumpul bersama keluarga, olahraga, dan mendengarkan musik.

Daripada Anda menghabiskan uang untuk hal-hal mewah, lebih baik dihabiskan untuk makan malam bersama keluarga. Benar, tidak?

3. Berinvestasi

Selain menabung, investasi juga harus perlu dilakukan. Tidak perlu menjadi orang kaya dulu ketika hendak berinvestasi. Pasalnya, Anda bisa mulai berinvestasi hanya dengan Rp 100.000. Murah, bukan?

Ada banyak produk investasi yang bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari deposito, reksa dana, obligasi, emas, hingga saham.

Tingkat pengembalian yang Anda terima dari investasi juga lumayan. Hitung-hitung sebagai penghasilan tambahan. Keuntungan yang Anda peroleh dari investasi bisa digunakan sebagai tabungan cadangan.

Semakin cepat mempersiapkan dana untuk pensiun, semakin aman dan nyaman pula masa tua Anda. Lakukan tiga tips di atas untuk membantu Anda mendapatkan dana pensiun miliaran. “Tidak ada kata terlambat untuk berubah”.

Jika, Anda belum memikirkan masa pensiun, pikirkanlah dari sekarang. Lakukan pengelolaan keuangan yang baik agar keadaan finansial juga sehat.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/20/080000526/pensiun-dengan-simpanan-miliaran-rupiah-bagaimana-caranya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke