Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bangkai Kapal Perang Bersejarah USS Indianapolis Ditemukan

NEW YORK, KOMPAS.com - Tim ekspedisi miliarder Paul Allen menemukan bangkai kapal perang AS USS Indianapolis yang tenggelam 72 tahun lalu pada saat Perang Dunia II, mengutip Fox News, Minggu (20/8/2017).

USS Indianapolis karam di Laut Filipina setelah ditorpedo oleh Jepang. USS Indianapolis diserang torpedo oleh pasukan Jepang pada 30 Juli 1945 dan tenggelam hanya dalam waktu 12 menit.

Karamnya USS Indianapolis adalah tragedi terbesar di laut sepanjang sejarah Angkatan Laut AS. Kala itu, USS Indianapolis memiliki 1.196 orang kru. Akan tetapi, yang berhasil selamat hanya 317 orang.

Kru kapal perang yang tak selamat rata-rata disebabkan oleh dehidrasi, keracunan air laut, atau diserang oleh ikan hiu.

"Dapat memberikan penghormatan bagi para awak pemberani USS Indianapolis beserta keluarga mereka dengan penemuan kapal yang memainkan peranan penting selama Perang Dunia II sangatlah membanggakan bagi kami," kata Allen dalam pernyataannya.

Sebelum diserang dan akhirnya karam, USS Indianapolis telah mengirimkan komponen-komponen untuk senjata nuklir yang kemudian dijatuhkan di Jepang.

"Selama lebih dari dua dekade saya bekerja sama dengan para korban selamat. Mereka amat merindukan hari di mana kapal mereka dapat ditemukan, menyelesaikan misteri pamungkas mereka," ujar Kapten (Purnawirawan) William Toti, juru bicara para korban selamat USS Indianapolis.

Ekspedisi sebelumnya yang dipimpin Allen berhasil pula menemukan bangkai kapal perang Jepang Musashi. Tim ekspedisi Allen juga menemukan bangkai kapal perusak Italia Artigliere.

Kapal yang mengangkut 16 orang tim ekspedisi Allen akan melanjutkan kegiatan survei secara keseluruhan pada lokasi ditemukannya USS Indianapolis. Tim juga akan menyiarkan tur secara langsung di lokasi.

Allen adalah seorang pebisnis, miliarder, investor, dan filantropis. Ia mendirikan Microsoft bersama Bill Gates yang kini menjadi orang terkaya di dunia.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/20/140000326/bangkai-kapal-perang-bersejarah-uss-indianapolis-ditemukan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke