Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemerintah Ingin Kembalikan Kejayaan Rempah-rempah Nasional

"Ada potensi Indonesia yang paling besar yang harus kita garap. 500 tahun lalu Indonesia dikenal dengan rempah-rempah. Kita akan dorong kembali kejayaan Indonesia jadi pemain dunia, bukan hanya di Asia," tegas Mentan Amran di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (21/8/2017).

Menurutnya, sudah sejak lama rempah-rempah menjadi daya tarik tersendiri bagi Indonesia di panggung internasional.

"Eropa dengan Belanda datang ke Indonesia karena rempah-rempah, bukan karena tambang dan lainnya. Pada saat itu siapa yang bisa kuasai rempah-rempah, bisa kuasai dunia," papar Amran.

Mentan menjelaskan, salah satu cara mengembalikan kejayaan rempah nasional adalah dengan mengembangkan bibit rempah yang berkualitas dan ditambah dengan pengembangan sentra rempah berdasarkan karakteristik wilayah atau geografis.

Amran menjelaskan, pihaknya akan mendistribusikan bibit rempah dan juga bibit perkebunan maupun benih tanaman hortikultura seperti pala, bawang putih, kedelai, cengkeh, kakao, mete dan lada. 

Menurutnya, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2,4 triliun pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017 untuk pengembangan benih maupun bibit berbagai komoditas dan akan ditambah menjadi Rp 5,5 triliun pada tahun 2018 mendatang.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/21/190818626/pemerintah-ingin-kembalikan-kejayaan-rempah-rempah-nasional

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke