Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perusahaan China Ingin Caplok Merek Mobil Jeep

Mengutip BBC, Selasa (22/8/2017), pihak Great Wall menyatakan keinginannya untuk mengakuisisi sebagian kepemilikan perusahaan produsen mobil terbesar ketujuh di dunia tersebut.

Great Wall sendiri adalah produsen mobil SUV terbesar di China. Akan tetapi, pihak Fiat Chrysler mengaku belum menerima pendekatan apapun dari Great Wall.

Dalam laporan sebelumnya dinyatakan, Great Wall sudah mengajukan pertemuan dengan pimpinan Fiat Chrysler untuk berdiskusi perihal pembelian merek Jeep.

Merek mobil berusia hampir 76 tahun tersebut dipandang sebagai aset Fiat Chrysler yang paling bernilai. (Baca: Dengan 4 Cara Ini, China Bisa Bikin Ekonomi Korea Utara Kacau)

Pasca kabar minat Great Wall itu, saham Fiat Chrysler menguat 2,8 persen di bursa saham Milan, Italia pada perdagangan Senin (21/8/2017).

"Jeep adalah pilihan yang paling logis, karena (Great Wall) ingin menjadi produsen SUV terbesar di dunia. Merek Jeep dikenal secara global, saya rasa Great Wall Motor membidik strategi global, bukan hanya AS," kata Yale Zhang, kepala konsultan Automotive Foresight.

CEO Fiat Chrysler Sergio Marchionne pernah menyatakan dirinya mencari mitra atau pembeli guna membantu mengelola biaya yang kian meningkat, regulasi emisi, dan pengembangan mobil listrik maupun mobil swakemudi.

Didirikan tahun 1984, Great Wall adalah produsen SUV dan truk pikap terbesar China. Menggandeng Geely, Great Wall bakal melesat menjadi produsen mobil China pertama yang masuk jajaran global.

Presiden Direktur Great Wall Wang Fengying masuk dalam peringkat ketujuh daftar wanita paling berpengaruh di Asia Pasifik versi Fortune. 

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/22/080000326/perusahaan-china-ingin-caplok-merek-mobil-jeep

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke