Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sri Mulyani Kuliahi Mahasiswa UGM tentang APBN dan Pajak

Perempuan yang akrab disapa Ani tersebut memberi kuliah umum mengenai Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Presiden kemarin juga sudah menyampaikan Rancangan APBN tahun 2018 di DPR. Saya senang membagikan, tidak hanya informasi tapi juga pengalaman dan pemahaman mengenai APBN," kata Sri Mulyani, Rabu (23/8/2017).

APBN, lanjut dia, merupakan uang milik rakyat Indonesia. Sehingga menjadi sjatu hal yang penting memberi pemahaman dan sosialisasi mengenai APBN kepada para mahasiswa.

"Sebelumnya saya sebagai Managing Director Bank Dunia, sebagai pengajar atau sebagai mahasiswa, di dalam seluruh fase kehidupan saya, saya memegang (tongkat) estafet tanggung jawab meneruskan Dari pintu gerbang menuju cita-cita yaitu masyarakat yang adil dan makmur," kata Sri Mulyani.

Pada kesempatan itu, Sri Mulyani meminta para mahasiswa belajar tentang pentingnya APBN. Melalui APBN, lanjut dia, mahasiswa dapat mengetahui anggaran yang dialokasikan untuk membangun Indonesia.

Selain itu, mahasiswa juga akan mengetahui sumber pendapatan yang diperoleh negara. Salah satu penyumbang pendapatan terbesar adalah sektor pajak. Dia menyebutkan, dari APBN 2017 sebesar Rp 2.133 triliun, pajak menyumbang 75 persen pendapatan negara atau sebesar Rp 1.307 triliun.

"Kalau mahasiswa lulus dapat kerja, terus gajian, jangan lupa bayar pajak. Sadari pajak untuk biaya pembangunan Indonesia," kata Sri Mulyani.

Sambutan mahasiswa UGM terhadap kehadiran Sri Mulyani, cukup meriah. Hal itu terlihat dari lokasi acara yang penuh dan dipadati oleh mahasiswa. Bahkan tak sedikit mahasiswa yang tak mendapat kursi dan duduk di tangga.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/23/153829826/sri-mulyani-kuliahi-mahasiswa-ugm-tentang-apbn-dan-pajak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke