Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Telkom 1 Gangguan, BCA Alihkan ke Dua Satelit Lain

"Sekitar 2000 ATM dari satelit Telkom 1 akan kami pindahkan ke satelit Apstar 5. Kemudian 3000 lebih ATM sisanya akan kami pindahkan ke satelit Telkom lainnya, yaitu Telkom 3S," kata Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur PT BCA, dalam konferensi pers yang digelar di Menara BCA, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2017). (Baca: 126 Kantor Kas BCA Terdampak Gangguan Satelit Telkom 1)

Ia memperkirakan, perbaikan 5.700 ATM ini akan berlangsung selama 2-3 minggu. Selama ini, BCA menggunakan lima satelit untuk menopang jaringannya. Namun, dengan adanya keperluan reroute tersebut, BCA menambah satu satelit, yakni Apstar.

Selain itu, dia merencanakan untuk menempatkan lebih dari satu satelit di sebuah lokasi ATM. Dengan demikian, jika salah satu jaringan satelit terganggu, maka mesin ATM lain di lokasi yang sama tetap dapat digunakan.

"Resikonya, biaya sewa satelit jadi Rp 5 juta per bulan. Sekarang kan kami sewa satelit Rp 2,5 juta per bulan per lokasi ATM. Tapi demi kenyamanan para nasabah, ke depannya akan seperti itu," kata Jahja.(Baca: 5.700 ATM Masih Offline, Ini Tips Bagi Nasabah BCA)

Sebagaimana diketahui, satelit Telkom 1 mengalami gangguan berupa pergeseran pointing antena satelit. Untuk memperbaikinya, BUMN ini dibantu oleh Lockheed Martin selaku produsen satelit. Hal ini berdampak kepada off line nya beberapa operasional ATM. Salah satunya ATM BCA.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/28/204435326/telkom-1-gangguan-bca-alihkan-ke-dua-satelit-lain

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke