Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

China Bentuk Perusahaan Listrik Terbesar di Dunia

Mengutip Bloomberg, Selasa (29/8/2017), merger tersebut akan membentuk perusahaan listrik terbesar kedua di dunia dari sisi pendapatan dan yang terbesar dalam hal kapasitas terpasang. Asetnya mencapai 1,8 triliun yuan atau 271 miliar dollar AS.

Merger ini menjadi salah satu upaya pemerintah China untuk memangkas kelebihan kapasitas industri dan jumlah BUMN. Kabar merger ini pun sudah menjadi spekulasi selama berbulan-bulan.

"Banyak orang sudah menantikan ini. Hal ini mengonfirmasi arah reformasi bUMN, di mana perusahaan yang bergerak di industri yang sama digabung untuk mengurangi investasi yang bertubrukan dan memperbaiki efisiensi," kata Tian Miao, analis senior di Sung Hung Kai Financial Ltd.

(Baca: Minyak Indonesia Habis 12 Tahun Lagi, Krisis Mengintai Anak dan Cucu)

Perusahaan baru tersebut kabarnya akan bernama National Energy Investment Corp dan bakal memiliki kapasitas terpasang mencapai lebih dari 225 gigawatt.

Dengan merger, Shenhua akan dapat menurunkan ketergantungannya pada kapasitas berdasarkan batu bara.

Sementara itu, Guodian akan diuntungkan oleh pasokan batu bara Shenhua dan manajemen risiko harga. Selain itu, Guodian juga dapat memanfaatkan infrastruktur jalur kereta api, pelabuhan, dan kapal yang terintegrasi.

Pemerintah China juga berencana untuk menurunkan ketergantungan pada tenaga listrik tenaga batu bara dan meningkatkan penggunaan gas bumi, termasuk pembangkit listrik tenaga angin, surya, air, dan nuklir.

Pemerintah juga mencari cara untuk menggabungkan generator listrik tenaga nuklir menjadi paduan megamerger.

"Tujuan utamanya adalah untuk membentuk perusahaan-perusahaan energi lebih besar yang dapat terlindung dari risiko pasar antara batu bara dan listrik," ujar Frank Yu, analis di Wood Mackenzie Ltd.

Tujuan lain adalah China dapat menjual teknologi nuklir perusahaan itu atau teknologi listrik tenaga batu bara ke negara-negara berkembang di Asia, imbuh Yu.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/29/110936426/china-bentuk-perusahaan-listrik-terbesar-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke