Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Alasan AirAsia Raih ABA di Mata Tony Fernandes

Penghargaan itu disebut Tony sebagai ganjaran atas sikapnya selama ini yang percaya kepada ASEAN sebagai sebuah wilayah yang penuh potensi ekonomi dan pariwisata.

"Kami meraih banyak penghargaan, tetapi yang satu ini berarti banyak buat saya karena ASEAN telah menyadari apa yang telah AirAsia lakukan untuk ASEAN. Saya sendiri sudah percaya ASEAN sebelum mereka percaya kepada saya," ungkap Tony kepada Kompas.com, di Air Asia RedQ, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (8/9/2017).

AirAsia meraih penghargaan untuk kategori "Priority Integration Tourism Sector" atas perannya membantu mengintegrasikan pariwisata di kawasan, khususnya Asia Tenggara. Penghargaan disampaikan oleh Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte pada Rabu (6/9/2017).

AirAsia, lanjut Tony, telah membuat negara-negara di ASEAN semakin mudah dikunjungi oleh siapapun, termasuk mereka yang tinggal di salah satu negara ASEAN. Mimpi Tony kala membangun AirAsia memang ingin menjadikan negara-negara di ASEAN mudah dijangkau dan terintegrasi satu sama lain.

"Yang membuat saya senang adalah ketika berkunjung ke Manilla kemarin ada empat orang Solo dan dua orang Kamboja yang tidak pernah ke Filipina bisa pergi ke sana menggunakan AirAsia. Jadi saya bangga AirAsia bisa seperti itu," jelas dia.

Penghargaan ABA sendiri diserahkan oleh Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte, disaksikan oleh Sekretaris Perdagangan dan Industri Filipina, Ramon Lopez dan Ketua Asean Business Advisory Council (BAC), Joey Concepcion, pada Rabu (6/9/2017).

ABA dibentuk oleh ASEAN BAC pada tahun 2007 untuk memberikan pengakuan terhadap pencapaian luar biasa perusahaan-perusahaan di ASEAN, yang berfungsi sebagai pondasi untuk menyebarkan informasi terkait Masyarakat Ekonomi ASEAN, serta menyoroti usaha kecil menengah yang berpotensi menjadi pelaku ekonomi global dalam industrinya masing masing. 

Selain pariwisata, penghargaan Sektor Integrasi Prioritas juga diberikan terhadap 11 sektor lainnya seperti perikanan, elektronika, teknologi informasi/e-ASEAN, tekstil, logistik, produk berbasis kayu, karet, pertanian produk pangan, kesehatan, otomotif dan retail.

Selain itu, terdapat juga penghargaan lainnya untuk usaha kecil menengah, wirausaha wanita, wirausaha muda, dan usaha inklusif serta Friend of ASEAN Award dan Legacy Award.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/09/09/094157726/ini-alasan-airasia-raih-aba-di-mata-tony-fernandes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke