Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menkeu Apresiasi Pemerintah Daerah yang Raih WTP 5 Tahun Berturut-turut

Menurut Sri Mulyani, dia dapat merasakan betul perbaikan laporan keuangan kementerian atau lembaga maupun pemerintah daerah.

"Kalau pimpinan-pimpinan, kepala daerah yang lama berkuasa pasti ingat itu, dari yang (laporan keuangannya) disclaimer sampai WTP itu perjalanan yang tidak mudah," kata Sri di Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Sri pun mengungkapkan, banyak pemerintah daerah yang memperoleh WTP selama lebih dari 5 tahun. Hal ini pun dikatakannya merupakan hal yang luar biasa. Namun demikian, imbuh Sri, perolehan WTP bukan sebuah akhir.

Apabila kementerian atau lembaga maupun pemerintah daerah telah memperoleh WTP, maka harus dijelaskan manfaatnya kepada masyarakat.

"Adalah kepatuhan peraturan perundang-undangan maupun penggunaan asas-asas akuntansi dalam pelaksanaan laporan keuangan pusat dan daerah, dan aspek efisiensi," ungkap Sri.

Kementerian atau lembaga serta pemerintah daerah yang menerima penghargaan simbolis raihan opini WTP selama 5 tahun berturut-turut, yakni pada tahun 2012-2016 di Istana Negara adalah Kementerian Perdagangan, Mahkamah Agung, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Ogan Komering Ilir, dan Kota Depok.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/09/14/162508826/menkeu-apresiasi-pemerintah-daerah-yang-raih-wtp-5-tahun-berturut-turut

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke