Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Hanya Lewat ATM, Begini Cara Top Up Kartu Flazz BCA

Sarana transportasi publik seperti kereta api rel listrik (KRL) Commuterline Jabodetabek dan Transjakarta menerapkan penggunaan uang elektronik sebagai sarana pembayaran.

Selain itu, mulai bulan depan, seluruh transaksi pembayaran di gerbang tol juga hanya akan dilakukan secara nontunai dengan menggunakan uang elektronik.

Oleh karena itu, bagi Anda yang belum memiliki uang elektronik, ada baiknya Anda mempersiapkan diri segera.

(Baca: Bankir: Biaya "Top Up" Uang Elektronik Lebih Murah Dibanding Biaya Parkir)

Salah satu uang elektronik yang paling banyak digunakan masyarakat di Tanah Air adalah Flazz yang diterbitkan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Saat ini, kartu Flazz yang telah beredar mencapai sekitar 10 juta keping. Dalam situs resminya, BCA menyatakan bahwa Flazz menawarkan kecepatan transaksi.

Hanya dengan sentuhan dalam hitungan detik, maka transaksi sehari-hari dapat dilakukan dengan cepat dan praktis.

"Nikmati kepraktisan melakukan pembayaran dengan Flazz karena Anda tak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak, juga tidak perlu menyimpan kembalian recehan," tulis BCA melalui laman resminya seperti dikutip Kompas.com, Senin (18/9/2017).

(Baca: September 2017, Flazz BCA Bisa Digunakan di Seluruh Gerbang Tol)

Untuk membeli Flazz, masyarakat bisa memperolehnya di seluruh kantor Cabang BCA terdekat, stand penjualan Flazz, serta merchant penjualan Flazz.

Kartu Flazz bisa diisi ulang dengan jumlah minimal Rp 20.000. Adapun maksimum saldo yang tersimpan di kartu adalah Rp 1 juta.

Top Up

Untuk mengisi ulang alias top up saldo Flazz BCA, dapat dilakukan di Kantor Cabang BCA, anjungan tunai mandiri (ATM) BCA, ATM BCA Non Tunai, Top Up Center Flazz, dan/atau mesin electronic data capture (EDC) di outlet Merchant berlogo Top Up Flazz.

Merchant tersebut antara lain Alfa Express, Alfamart, Alfa Midi, Circle K, Es Teler 77, Indomaret, Lawson, Solaria, Superindo, Toko Buku Gramedia, dan sebagainya.

Top up juga bisa dilakukan menggunakan uang tunai di Alfa Express, Alfamart, Alfa Midi, Es Teler 77, Lawson dan Toko Buku Gramedia.

"Transaksi isi ulang dapat dilakukan melalui mesin Electronic Data Capture (EDC) BCA, ATM BCA tertentu, atau ATM Non Tunai (ANT) BCA," jelas perseroan.

EDC BCA

Untuk isi ulang menggunakan EDC BCA, caranya adalah pilih menu Flazz. Kemudian, pilih menu Top Up lalu gesek kartu Paspor BCA pada mesin EDC diikuti menekan tombol "Enter."

Selanjutnya, masukkan nilai top up dan tekan "Enter." Jangan lupa masukkan personal identification number (PIN) kartu Paspor BCA Anda, lalu kembali tekan "Enter."

Kemudian, masukkan kartu Flazz pada mesin EDC. Apabila transaksi berhasil, maka saldo kartu Flazz akan bertambah, lalu struk akan keluar, setelahnya ambil kartu Flazz Anda.

ATM

Adapun cara isi ulang melalui mesin ATM atau ATM Non Tunai BCA adalah masukkan kartu Paspor BCA ke mesin.

Kemudian, masukkan PIN kartu Paspor BCA Anda. Pilih menu Flazz, kemudian pilih menu Top Up. Selanjutnya, masukkan nilai top up dan tekan "Benar."

Tarik kartu Paspor BCA Anda dan masukkan kartu Flazz ke mesin. Selanjutnya akan tampil saldo awal Flazz Anda dan nilai top up, jika benar maka tekan "Benar."

Masukkan kambali PIN kartu Paspor BCA Anda. Apabila transaksi berhasil, saldo Kartu Flazz akan bertambah, struk akan keluar dan ambil kembali Kartu Flazz.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/09/18/171311926/tak-hanya-lewat-atm-begini-cara-top-up-kartu-flazz-bca

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke