Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Milenial China Dorong Pertumbuhan Pariwisata Dunia

Demikian menurut paparan dari firma pelacak industri, Phocuswright Inc. Sebelumnya di 2015, sebanyak 128 juta perjalanan wisata dari China dilakukan, berdasarkan data pemerintah setempat.

Data menunjukkan, turis muda usia 18-34 tahun mencapai 60 persen dari total jumlah perjalanan ke luar negeri tersebut.

"Turis muda China menjadi objek vital pada pertumbuhan pasar perjalanan global," tulis Brian Egger dan Margaret Huang, analis Bloomberg Intelligence, mengutip data dari Phocuswright.

Industri berputar seiring booming turis muda China ini, mulai dari resor ski hingga hotel tropis, sampai kereta dan pesawat papan atas. Hal ini mendorong transisi ekonomi dari pola tradisional.

Perjalanan wisata atau travel menyumbang 9 persen dari perekonomian China pada tahun lalu, menurut data World Travel and Tourism Council. Travel diperkirakan akan menyumbang rata-rata 8 persen ke perekonomian China antara tahun 2017-2027, jauh di atas India dan AS.

Diperkirakan akan ada 710 juta perjalanan selama rentang 1-8 Oktober 2017 atau masa libur nasional China, menurut estimasi China Tourism Academy pada Selasa lalu. Jumlah itu naik 10 persen dibanding tahun lalu.

(Baca: Jokowi: Kenapa Turis China Lebih Memilih ke AS dan Eropa?)

Boeing Co, juga mendapatkan dampak positif dari turis muda China. Perusahaan produsen pesawat terbang ini menaikkan estimasi permintaan pesawat di China hingga 7.240 pesawat baru dengan nilai hampir 1,1 triliun dollar AS dalam dua dekade hingga 2036.

"Pertumbuhan industri turisme China yang sangat cepat menjadi kunci pendorong perubahan ekonomi negara ini ke arah perekonomian berbasis konsumen," pungkas Egger dan Huang.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/09/22/120000326/milenial-china-dorong-pertumbuhan-pariwisata-dunia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke